Camat dan Lurah Belajar Pencatatan Administrasi Tanah

0

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Pertumbuhan kota kendari yang semakin pesat dibutuhkan peran pemerintah ditingkat bawah baik kecamatan maupun kelurahan dalam pengurusan administrasi pertanahan.

Menurut kepala bagian pemerintahan kota kendari, Sulkurnia,  untuk memaksimalkaan peran tersebut khusunya dibidang pertanahan, bagian pemerintahan kota kendari menggelar bimbingan teknis administrasi pertanahan melibatkan para camat dan lurah serta kepala seksi pemerintahan.

“Setelah pelatihan ini kami harapkan ada persamaan persepsi artinya, teman-teman kita ditingkat bawah untuk tidak semudah itu mengeluarkan surat tanah, karena yang kita lihat ini persoalan tanah sangat kompleks sekali” jelasnya.

Pegetahuan tersebut diberikan untuk memudahkan dalam proses pendataan dan pembuatan buku tanah dimasing-masing kelurahan. Pembuatan data base pertanahan ini sangat penting untuk mencegah dan mengatasi munculnya persoalan tanah.

Rencananya, bimbingan teknis ini akan berlangsung selama 3 hari dengan menghadirkan sejumlah pemateri termasuk dinas pendapatan kota kendari,  terkait pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, serta pembayaran Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). (ALIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.