Connect with us

Ini Dia Caleg Tanpa Baleho Raih Suara Terbanyak

Hukum & Kriminal

Ini Dia Caleg Tanpa Baleho Raih Suara Terbanyak

 KOLUT, SUARAKENDARI.COM-Jafar mungkin satu dari sedikit caleg yang tidak menggunakan alat kampanye baliho. Meski begitu saat pemilu berlangsung suaranya  justeru membludak.Jafar sendiri   tidak menyangka kalau dirinya bakal duduk sebagai anggota DPRD provinsi.

“Benar-benar tak pernah terlintas di benak saya,”kata Jafar kepada suarakendari.com saat bertandang di kediamannya di Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Suara yang di dapatkan Jafar sebesar 11.000 lebih,  mengalahkan delapan  caleg lain dari partai yang sama , 98 orang dari 11 partai  di dapilnya yang memiliki baliho hampir di setiap sudut kota.

Apalagi pengalaman pahit pernah di rasakanya pada pilcaleg sebelumnya,  tahun 2009 lalu,  saat dirinya mencalonkan sebagai caleg DPRD Kabupaten Kolaka Utara, nasib belum memihak padanya untuk duduk di kursi dewan kandas. “Saat itu saya telah mengeluarkan anggaran hinggga ratusan juta untuk pembuatan baliho,”kenangnya.

Semangat  bapak dari dua orang anak ini tak mau menyerah. Ia nekad maju lagi sebagai caleg DPRD provinsi, Dapil 5 daerah pemilihan kabupaten kolaka- kolaka utara dan kolaka timur. Yang uniknya pada pilcaleg kali ini, Jafar tidak menggunakan satu baliho pun  atau menggunakan media masa  untuk memperkenalkan dirinya ke publik .

Untuk memperkenalkan diri kemasyarakat, Jafar mendatangi langsung warga ke desa-desa, sambil membagikan dua alat peraga , yakni kartu nama dan setiker. Alasanya tidak menggunakan baliho karena anggaran yang terbatas  dan memakan biaya yang banyak. Kesehariannya Jafar bekerja sebagai penjual pulsa  di konter miliknya yang berada di rumahnya.

Jafar bukanlah sosok orang yang terkenal di daerahnya,  Ia merupakan seorang pria  yang biasa saja  “Bagi kami Jafar merupakan orang yang baik tidak sombong dalam bertetangga, murah hati dan suka membatu dan ulet dalam memperjuangkan sesuatu,”kata Ahmad Idris,“warga setempat.

Taktik yang di gunakan Jafar, seminggu sebelum hari pemilihan  dengan mengirimkan pesan singkat kepada warga. Agar warga bisa mengingat kembali nama dan nomor urutnya pada saat melakukan pencoblosan. Caleg tanpa baliho  saat ini mulai booming di wilayah pemilihan Jafar. Sementara itu telah banyak caleg yang stes akibat kerugian materi yang di keluarkan begitu banyak namun kalah meraih suara. ABDI

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top