Connect with us

Butuh Kemauan Politik Membangun Pesisir Bombana

Uncategorized

Butuh Kemauan Politik Membangun Pesisir Bombana

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pembangunan sektor kelautan dan perikanan terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah secara lebih tepat dan tidak dapat dipungkiri telah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah pengembangan melampaui kawasan lainnya. Dengan kata lain sektor ini dapat menjadi lokomotif pembangunan dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Secara makro ekonomi percepatan pertumbuhan di wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bombana dari sektor perikanan. Optimisme cerahnya pertumbuhan ekonomi jika pembangunan wilayah pesisir digenjot ini diungkapkan Heri Murdianto, calon legislative Partai Golkar Bombana.

“Upaya peningkatan pendapatan masyarakat pesisir khususnya pembudidaya ikan dan nelayan harus didukung dengan upaya peningkatan produksi dan produktivitas usaha perikanan,”katanya.

Luas Perairan Laut Pesisir Kabupaten Bombana yang mencapai kurang lebih 10.060 KM2 sangat berpotensi memacu pertambahan ekonomi baru di Bombana khususnya pengembangan kegiatan perikanan seperti budidaya laut (rumput laut, ikan dan biota air lainnya) dan budidaya air payau, (tambak udang dan bandeng) serta kegiatan penangkapan ikan di laut. Dan sesuai data pada tahun 2012, Kabupaten Bombana memiliki potensi untuk pengembangan kegiatan budidaya rumput laut sebesar 30.000 ton per tahunnya. Budidaya laut lain yang berpotensi untuk dikembangkan antara lain budidaya ikan kerapu (Epinephelus sp) dan budidaya lobster (Panulirus sp). Dan proyeksi dari kegiatan perikanan tangkap  tahun 2012 ini mencapai 63.110 ton per tahun.

Menurut Heri Murdianto, produktivitas usaha perikanan ini masih dapat dipacu melalui kegiatan-kegiatan yang dapat memacu peningkatan produksi dengan catatan penyediaan sarana dan prasarana produksi bagi rakyat harus terpenuhi.  Secara khusus kegiatan usaha berupa budidaya laut dan air payau untuk komoditas rumput laut, udang windu, ikan bandeng, menunjukkan tingkat produktivitas usahanya masih dapat ditingkatkan melalui penyediaan sarana dan prasarana serta faktor-faktor penunjang lainnya.

“Terkadang, rendahnya produktivitas usaha perikanan baik budidaya maupun penangkapan disebabkan oleh beberapa fakta antara lain, pelaku budidaya masih melaksanakan usahanya secara tradisional sehingga tingkat produksi yang dihasilkan masih sangat rendah. Selain itu ketersediaan sarana dan prasarana penunjang baik secara kualitas maupun kuantitas sangat terbatas dan penyebaranyan belum merata serta penerapan teknologi belum optimal akibat dari keterbatasan permodalan,”urai pria yang kini menjabat sebagai Direktur Legal di PT Panca Logam Makmur, perusahaan tambang emas di Bombana.

Sayangnya, lanjut Heri, selama ini hasil bumi dan hasil laut warga di dua kecamatan hanya menjadi sasaran para tengkulak. “Sangat kita sayangkan potensi besar tidak terkelola dengan baik,”ujarnya. Jika saja digenjot maka akan memberi nilai tambah bagi income daerah.

Untuk mencapai semua ini diperlukan adanya kemauan politik dari semua pihak, terlebih pemerintah daerah. Ada sejumlah wilayah pesisir di Bombana yang berpotensi dikembangkan, yakni Pulau Kabaena, Masaloka, Mataoleo. Namun keberadaan daerah-daerah pesisir ini masih belum sepenuhnya kebagian “kue pembangunan” dari pemerintah Bombana.

Kecamatan Masaloka misalnya, daerah yang merupakan kepulauan terluar dengan 11 desa ini, warganya hanya mengandalkan mesin genset untuk mendapatkan pasokan listrik dan sama sekali tidak ada akses signal handphone.

“Sama sekali tidak ada signal handphone di wilayah itu, saya berharap saatnya pemerintah memikirkan pengadaan sarana telekomunikasi di sana demi menunjang keberlanjutan ekonomi masyarakat pesisir,”kata Heri Murdianto. Dari ibukota Rumbia, Kecamatan Masaloka ditempuh selama satu jam lewat laut dari pelabuhan kasipute dimana alat transportasi cukup lancar.YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top