Connect with us

Bupati Konut Aswad Sulaiman Divonis Bebas

Uncategorized

Bupati Konut Aswad Sulaiman Divonis Bebas

KONAWE.SUARAKENDARI.­COM -Persidangan asus pelanggaran pemilu yang didakwakan pada Bupati Konawe Utara (Konut) Aswad Sulaiman berakhir dengan vonis bebas. Pasalnya tuntutan lima bulan penjara yang diajukan Jaksa Penuntut umum (JPU), tidak terbukti secara sah di mata hukum.

Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Unaaha, Kamis (24/4 Majelis Hakim PN Unaaha, berpendapat bahwa, berdasarkan keterangan saksi – saksi saat persidangan, baik saksi yang di ajukan JPU, saksi meringankan serta saksi ahli, tidak dapat membuktikan bahwa orang nomor satu di Konut itu melakukan pelanggaran.

Didasarkan pada  kesaksian para saksi, bupati hanya melakukan pembahasan program kerja  bukan sebuah kampanye pemilu. Berdasarkan kesaksian Saksi Ahli bahwa yang di maksud pelanggaran pemilu, adalah terdapat atribut – atribut partai atau alat kampanye saat pertemuan. Dengan demikian Aswad tidak terbukti melakukan pelanggaran pemilu sebagaimana yang dituduhkan perwakilan partai politik.

Di temui usai persidangan, pihak JPU melalui juru bicaranya, Kasi Intel Kejari Unaaha, Lukman Efendi, SH MH, mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan apakah mengajukan banding atau tidak? “Pengadilan memberikan waktu tiga hari, Kami masih menunggu salinan putusan Hakim dari pengadilan, unutk kami pelajari, unutk kami putuskan,” Ujar Lukman Efendy.

Pada sidang sebelumnya dengan terdakwa Bupati konawe Utara Asawd Silaiman, JPU menjerat Terdakwa dengan pasal 277 UU No 8 Tahun 2012 Jo Pasal 86 Ayat 2 huruf e UU No 8 Tahun 2012 tentang pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD, dengan tuntutan 5 bulan Penjara denda lima Juta Rupiah Subsider 1 Bulan Kurungan. (MAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top