Bupati Konsel Optimis Menang Lomba Desa Tingkat Nasional

Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Irawan Laliasa, SE, M.Si optimis wilayahnya memenangkan lomba desa binaan program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau yang lebih akrab dengan akronim lomba P2WKSS. Optimisme itu diungkapkannya saat memberikan sambutan di acara tatap muka dengan tim penilai lomba P2WKSS tingkat kabupaten/kota se Sultra di Desa Mataiwoi, Kecamatan Angata akhir pekan lalu. ” Dengan upaya maksimal yang telah kami lakukan, saya optimis Konsel melalui Desa Mataiwoi oleh tim penilai akan didaulat menjadi yang terbaik dan akan mewakili Sultra di tingkat nasional,” katanya yang disambut aplaus dari warga masyarakat yang menghadiri acara yang dihelat di aula kantor Desa Mataiwoi.

Optimisme itu bukan hanya pepesan kosong. Bupati melihat perkembangan yang cukup signifikan dari Desa Mataiwoi baik infrastruktur terbangun maupun potensi kerajinan lokal yang ada pasca ditetapkannya Desa Mataiwoi sebagai desa binaan yang akan mengikuti program P2WKSS dibandingkan dengan sebulan yang lalu sebelum adanya penetapan desa binaan. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah usaha lokal permen jahe dan jus pinang yang oleh warga sudah membuktikan memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan.

Pun demikian pria yang juga Kadispenda Sultra ini mengharapkan kegiatan P2WKSS di kabupaten tersebut bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat tidak hanya saat melaksanakan penilaian dan dalam rangka mengikuti lomba melainkan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang berkelanjutan. Sebab, katanya P2WKSS adalah program terpadu peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan secara terkoordinasi untuk meningkatkan kualitas keluarga di Konawe Selatan seutuhnya  melalui peran perempuan.”Program P2WKSS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dalam pembangunan masyarakat desa dimana kaum perempuan sebagai motor pergerakannya,”jelasnya.

Sementara itu Ketua tim penilai lomba P2WKSS Sultra, Dra. Hj Sarlina mengungkapkan Pelaksanaan pembinaan Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) memiliki sasaran utama para  Kader Desa, Tokoh Masyarakat, Toko Agama dan Seluruh Masyarakat dengan prioritas Program warga di desa masing-masing yang terpilih menjadi desa binaan. Adapun kriteria Penilaian dalam Lomba tersebut meliputi Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Posyandu, Tanaman Obat Keluarga, Sepuluh Program Pokok PKK.

Kemudian, lanjutnya kriteria penilaian itu dijabarkan dengan poin-poin penilaian dengan melihat usaha peningkatan pendapatan warga binaan dengan memberikan keterampilan berbasis potensi lokal.Kemudian dibidang kesehatan bagaimana warga menerima pembinaan Kader Posyandu, Pelayanan KB dan Penyuluh Kesehatan. Di Bidang pertanian yakni peran instansi terkait dalam memberikan stimulan dengan harapan warga mampu meningkatkan pendapatannya. (Adhannto Thayeb/Humas Konsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *