Connect with us

Bupati Konsel Mangkir dari Panggilan Panwaslu Konsel

Hukum & Kriminal

Bupati Konsel Mangkir dari Panggilan Panwaslu Konsel

ANDOOLO, SUARAKENDARI.COM. Agenda pemeriksaan Bupati Konsel Imran dan Wakil Ketua DPRD Irham Kalenggo di Panwaslu Konsel yang di gelar hari ini (Kemarin red) hanya dihadiri Irham Kalenggo. Sementara Bupati Konsel Imran tidak hadir dalam agenda pemeriksaan tersebut.

Ketua Panwaslu Kabupaten Konsel Nurdin Karim yang di konfirmasi (13/4) mengungkapkan bahwa agenda pemeriksaan yang dilakukan hari ini rencananya akan diperiksa Bupati dan Wakil Ketua DPRD Konsel sesuai surat panggilan yang dilayangkan tanggal 12/4 kemarin. Tetapi yang hadir hanya Wakil Ketua DPRD Irham Kalenggo sedangkan Bupati Imran tak hadir memenuhi panggilan.

“Alasannya beliau tidak berada ditempat dan sedang di Jakarta. Rencananya, besok Senin (14/4) kami akan kembali melayangkan surat panggilan yang kedua kalinya kepada Imran,kata Nurdin Karim. Sesuai agenda Panwas, pada selasa akan segera gelar kasus bersama Gabungan Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu).

Imran dan Irham Kalenggo diperiksa atas dugaan pelanggaran Pemilu yang di lakukan dalam acara penyerahan Motor dinas seluruh Kepala Desa/356 desa se-konsel yang di helat tanggal 4-5 april di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) konsel beberapa waktu lalu.

Sementara Direktur Pusat Kajian dan Advokasi Hak Asasi Manusia (PUSPAHAM) Sultra, Saifin mengapresiasi sikap kooperatif Wakil Ketua DPRD Konsel yang langsung menghadiri panggilan Panwaslu tersebut. Dan bagi Bupati yang tidak memenuhi panggilan dengan alasan sedang berada di luar kota Ia meminta untuk segera menghadiri panggilan tersebut. “Apalagi beliau sebagai pejabat publik harusnya memberi teladan yang baik kepada rakyatnya,”jelas Saifin.

Ditambahkan Saifin yang juga mantan Ketua Umum HMI Cabang Kendari ini, Ia memberi warning kepada Panwaslu Konsel agar tidak bermain-main dalam menangani kasus ini, karena baik bawaslu provinsi maupun bawaslu RI sudah mengetahui posisi kasus ini.

“Karena itu kami menghimbau Panwaslu Konsel untuk bekerja profesional, mandiri, dan independen. Panwaslu jangan mau di intervensi atau seperti macan ompong,”tegas Saifin.KM/YS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top