Connect with us

Bupati Kery Konggoasa: Jangan Lupakan Sejarah

Uncategorized

Bupati Kery Konggoasa: Jangan Lupakan Sejarah

 

KONAWE, SUARAKENDARI.COM-Bupati Konawe, Kery Syaiful Konggoasa mengingatkan segenap warga Konawe agar tidak gampang melupakan sejarah, termasuk sejarah pembentukan  Kabupaten Konawe.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Konawe, saat memberikan sambutan pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabuapten Konawe yang ke-54.

“Setiap perjalanan sejarah, selalu mengandung nilai filosofis,kita mesti banyak belajar, hal dalam perjalanan yang baik,sementara halyang belum baik,maka semaksimal mungkin dapat diperbaiki agar proses pembangunan kita terusbertumbuhdan dinamis,”demikian kata di hadapan unsure muspida dan anggota DPRD Kabupaten Konawe .

Dalam perayaan yang berlangsungk hidmat tersebut, Bupati Konawe, Kery Syaiful Konggoasa mengajak seluruh lapisan masyrakatnya, untuk selalu mengambil hikmah perjalanan sejarah, agar setiap roda pembangunan selalu berjalan secara dinamis.

Dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Konawe yang dilaksanakan di lapangan upacara sekretariat daerah, turut di hadiri beberapa kepala daerah,diantaranya Walikota Kendari, Asrun dan Pj Bupati Kolaka Timur,Tony Herbiansyah dan seluruh unsur muspida dan Tokoh masyarakat se Kabupaten Konawe.

Dalam sejarah Perjalanan Kabupaten Konawe, sehingga menjadi sebuah daerah Otonom 54 tahun silam menjadi catatan tersendiri di mulai sejak jaman penjajahan Belanda.

Daerah yang terbentuk sejak 1959, baru mendapatkan pengakuan secara de facto oleh pemerintah RI pada tanggal 3 Maret 1960 yang ditandai dengan pelantikan dan pengambiln sumpah Bupati pertama Drs Abdullah silondae yang semula bernama Daerah tingkat II Kabupaten kendari.

44 tahun kemudian, Dati II kabupaten Kendari, tepatnya pada 28 september 2004 pada masa kepemimpinan Lukman Abunawas, Kabupten Kendari berubah menjadi Kabupaten Konawe, selain itu daerah ini terhitung telah empat kali mengalami pemekaran wilayah, yakni Kota Kendari 1995, Koawe selatan 2003, Konawe Utara 2007 dan konawe kepualaun 2013 lalu.

Saat ini tampuk kekuasaan Kabupaten Konawe telah mengalami sembilan kali pergantian Kepala Daerah, yakni Drs abdullah Silondae memerintah tahun 1960-1969, Aboenawas 1969-1973, konggoasa 1973, Abdul Hamid 1973-1977, H Andrey Jufri 1977-1988, H Anas bunggasi 1988-1992, Drs H Razak Porosi 1992-2003, Lukman Abunawas 2003-2013 dan Kery Syaiful Konggoas, sekarang.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Gusli Topan Sabhara, di temui usai perayaan HUT Konawe menuturkan, pihaknya berharap Konawe kedepan harus jauh lebih baik dengan daerah lainnya di Sultra.

“Usianya 54 tahun, merupakan usia yang matang dalamsegala hal,”katanya. Masyarakat Kabupaten Konawe juga dihibur dengan penampilan artis ibu kota, di lapangan STQ kabupaten Konawe, diantaranya, jenita Jannet dan Sammy Simorangkir.(MAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top