Connect with us

Bupati Enrekang Meriahkan Silatda Hikma se Sultra Di Kolaka

Bupati Enrekang Meriahkan Silatda Hikma se Sultra Di Kolaka

Advertorial

Bupati Enrekang Meriahkan Silatda Hikma se Sultra Di Kolaka

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Bupati Enrekang, Sulawesi Selatan, H. Muslimin Bando dan Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei memeriahkan acara Silaturahim Daerah (Silatda) ke V Himpunan Keluarga Massenrempulu (Hikma) Enrekang se Sulawesi Tenggara (Sultra), di gedung islamic center kabupaten Kolaka.

Kasubbag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Pemkab Kolaka Kasbi Dara Manggarah melaporkan, Acara yang dihadiri seribuan masyarakat Massenrempulu ini, dimeriahkan lomba masakan khas kabupaten Enrekang dengan pemenang diraih kabupaten Muna, disusul kabupaten Kolaka Timur dan Bombana. Selain itu, acara ditandai dengan tukar cinderamata antara Bupati Kolaka dan Bupati Enrekang.

Ketua DPC Hikma Kolaka, Maddu Yunus dalam laporannya menyatakan, Silatda merupakan salah satu hal yang baik dalam mempererat keluarga besar hikmah yang ada di Sultra. Dalam acara ini, dilakukan berbagai kegiatan berupa kegiatan olahraga, seni dan bakti sosial. Tak lupa diharapkan kepada keluarga Hikma yang ada di Kolaka untuk mendukung dan menyukseskan semua program pemerintah, hindari sesuatu yang bertentangan dengan UU, serta tingkatkan silaturahim pada semua masyarakat supaya tercipta kondisi aman, damai dan sejahtera

Ketua DPW Hikma Sultra, Prof.Dr.Hanna mengungkapkan, Silatda merupakan program rutin yang dilaksanakan Hikma Sultra sekali dalam dua tahun. Dari 14 kabupaten/kota yang ada di Sultra, sudah dikukuhkan 11 pengurus DPC, terakhir 3 DPC yang merupakan kabupaten pemekaran. Khusus wilayah Sultra, saat ini terdapat 28 ribu Kepala Keluarga dari Enrekang dan tergabung dalam Hikma.

Adapun Ketua 1 DPP Hikma Jakarta, Dr. H. Mansyur mengatakan, Silatda merupakan kegiatan besar dan merupakan prestasi luar biasa yang dilaksanakan pengurus Hikma di Sultra, sebab Sultra merupakan satu-satunya DPW Hikma yang melaksanakan Silatda. Ini menandakan DPW Hikma Sultra selangka lebih maju dibanding DPW lain yang ada di Indonesia.

Karena itu, staf ahli Kemendagri RI ini meminta kepada pengurus Hikma supaya pro aktif melakukan konsolidasi secara internal dan eksternal. Untuk internal dengan mengaktifkan arisan di seluruh Sultra. Selain itu diharapkan putra-putri Hikma Sultra supaya meningkatkan SDM nya, juga membantu daerah dalan meningkatkan pembangunan. Hal ini berdasar pada falsafah hidup masyarakat Enrekang, yakni Tobana’ atau dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Tak lupa diharapkan supaya pengurus Hikma untuk hadir dalam Silatnas di Solo.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando yang datang dengan membawa pejabatnya dengan tujuan melihat pembangunan di kabupaten Kolaka, dalam sambutannya menyatakan bahwa di Enrekang terdiri dari tiga etnis, yakni Duri, Enrekang dan Maiwa.

Diungkapkannya, masyarakat Enrekang jika meninggalkan kampung halamannya memiliki falsafah Tobana’ atau dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Maknanya, dimanapun berada diyakini adalah bumi Allah, begitupun siapapun yang menjadi pemimpin meski bukan dari Massenrempulu akan didukung. Masyarakat Enrekang juga sangat bersungguh-sungguh dalam berusaha. Karena itu, Bupati menghimbau masyarakat Massenrempulu untuk berpartisipasi menyukseskan pembangunan di Kolaka dan Sultra.

Begitupun Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengungkapkan bahwa di Kolaka merupakan daerah yang hitorogen, hampir semua suku di Indonesia ada di Kolaka. Karena itu diharapkan kepada masyarakat Masserempulu yang ada di bumi Mekongga untuk meningkatkan semangat ke Kolakaan, ketika ditanya darimana asalnya, hendaknya mendahulukan Kolaka baru daerah asal. Begitupun disampaikan kalau di Kolaka telah banyak warga Enrekang menduduki berbagai jabatan penting termasuk anggota DPRD.

“Saya bersyukur pada Pilkada Bupati lalu, hampir 80 persen warga dari Massanrempulu mendukung SMS Berjaya.”Kata Ahmad Safei yang mendapat tepuk tangan hadirin.

Sementara itu, Gubernur Sultra diwakili Staf ahli Gubernur bidang kesra, KH.Mursidin selain mengucapkan selamat atas Silatda ke 5 Hikma, mengharapkan supaya warga Hikma yang ada di Sultra supaya tetap menjaga dan menjalin hubungan kekeluargaan dan harmonis, juga senantiasa berpartisipasi secara aktif, khususnya pada Pemerintah daerah dengan mendukung program yang dijalankan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Laporan : Kasbi Dara Manggarah
Jabatan : Kasubbag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Pemkab Kolaka

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Advertorial

To Top