Bungkutoko Tentukan kemajuan Kota Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Pemindahan pelabuhan Kendari sudah menjadi cita-cita Asrun sebelum menjadi wali kota Kendari sehingga setelah dilantik menjadi wali kota Kendari tahun 2007 lalu Dr Asrun langsung membebaskan lahan di Kelurahan Bungkutoko untuk mendirikan pelabuhan.
Wali Kota Kendari Dr Asrun mengatakan, pemindahan pelabuhan Kendari harus dilakukan, karena letaknya yang berada didalam teluk Kendari saat ini, membuat kapal besar sulit masuk dan sandar dipelabuhan.
“Kalau kapal mau masuk kepelabuhan cukup sulit, sebab harus melalui mulut teluk yang sempit ditambah lagi pengkolan dan hanya kapal ukuran kecil yang bisa masuk, makanya kalau kendari mau maju pelabuhan harus dipindahkan ke bungkutoko” ujarnya.
Menurut Asrun Kelurahan Bungkutoko dipilih sebagai lokasi pelabuhan karena letaknya yang stategis berada di laut yang cukup dalam, namun tidak terlalu berpengaruh terhadap ombak, karena masih terdapat pulau-pulau disekitarnya dan wilayah daratannya masih cukup luas untuk pengembangan pelabuhan.
Wali kota juga yakin pemindahan pelabuhan Kendari ke Bungkutoko bisa memicu munculnya pusat-pusat pertumbuhan baru termasuk perkembangan kota menuju kearah Kecamatan Poasia dan Kecamatan Abeli.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *