Bungkutoko Jadi Barometer Kemajuan Pembangunan Kota

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Tak ada yang menyangka jika Kelurahan Bungkutoko akan menjadi barometer kemajuan Kota Kendari, setidaknya wilayah yang dulu hanya merupakan hamparan kebun warga, kini telah menjadi daerah pembangunan baru Kota Kendari. Adalah Walikota Kendari DR Ir H Asrun MEng yang mengggedor pembangunan di wilayah pesisir ini, dengan cara membebaskan lahan dan membangun pelabuhan kontainer/ peti kemas.

Rencana yang kian matang ini dipastikan akan menjadi nyata dengan memindahkan pelabuhan yang selama ini berada di Kelurahan Kandai (Kota Lama), Kecamatan Kendari yang dianggap sudah tidak layak pakai akibat makin berkembangnya pembangunan pemukiman warga.

“Pelabuhan yang ada selama ini dianggap tidak layak lagi akibat pembangunan kota yang kian berkembang, serta pelabuhan yang tidak lagi dapat disandari oleh kapal-kapal berbobot besar,”demikian Asrun.

Selain itu, dipilihnya Bungkutoko karena dianggap layak untuk dikembangkan sebagai pelabuhan kontainer mengingat laut Bungklutoko yang cukup dalam dan dapat didarati oleh kapal-kapal berukuran raksasa. Ia berharap pembangunan di kawasan Bungkutoko menjadi lokomotif pembangunan kota kendari yang saat ini terus berbenah untuk mensejajarkan diri dengan kota-kota lain di Indonesia. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *