Bulan Depan Pasar Lapulu Mulai Dikerja

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Revitalisasi Pasar Sentral Lapulu sudah mendapat restu dari kementerian pedagangan RI untuk pekerjaannya. Untuk memulai pekerjaan rehabilitasi pasar itu, pemerintah kota mengundang para pedagang untuk membicarakan rencana ini.
Rapat ini dipimpin langsung wali Kota Kendari Asrun bertempat diruang rapat wali kota Kendari, Senin (10/8/2015). Dalam rapat itu wali Kota Kendari menyampaikan rencana pembangunan pasar sentral Lapulu yang baru saja mendapat persetujuan dari Kementerian Perdagangan.
“Pasar Lapulu ini belum pernah saya tangani secara baik, dan Alhamdulilah kali ini saya bisa dapatkan dana untuk pembangunannya, namun demikian ada konsekwensinya, namun saya inginkan pembangunan dilakukan namun proses jual beli tetap berlangsung” katanyanya.
Wali kota meminta Dinas Perdagangan Kota Kendari dan PD Pasar mengatur proses perpindahan para pedagang agar pembangunan bisa segera dimulai, termasuk mendata para pedagang yang sedang berjualan saat ini agar tidak terjadi penambahan jumlah setelah bangunan selesai.
Rencananya pemindahan sekitar 60 pedagang akan ditempatkan dilokasi sementara disekitar terminal lapulu sambil menunggu selesainya pembangunan.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Kendari Syam Alam menjelaskan sebelum pembangunan pihaknya juga akan membuatkan surat pernyataan yang ditandatangani para pedagang agar tidak memindah tangankan kiosnya ke pihak lain.
“Kios yang akan dibangunan nantinya sesuai arahan pak wali tadi tidak ada perubahan, sama seperti pemilik yang ada saat ini agar tidak muncul persoalan lain, kami juga akan buatkan surat pernyataan agar tidak dipindah tangan ke pihak lain, termasuk membuat SK Wali Kota tentang data jumlah pedagang pasar Lapulu” jelasnya.
Dalam rapat itu, para pedagang, PD Pasar dan Disperindag Kota Kendari sepakat penataan kios sementara akan mulai dilakukan hari Rabu (12/8/2015) ini, diharapkan rampung akhir Agustus ini sehingga pembangunan pasar bisa di lakukan bulan September ini dan rampung bulan Desember Mendatang. (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *