Buka Bintek, Wabub Kolaka Singgung Pensiunan PNS yang Masih Kuasai Aset Daerah

0

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Kolaka, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) hingga di tingkat kelurahan, terkait sensus barang dan aset milik daerah untuk di inventarisasi.

Wakil bupati Kolaka Muhammad Jayadin mengatakan masing-masing SKPD harus mengetahui cara dan menginventarisasi barang dan aset yang ada di setiap SKPD. “Agar semua barang dan aset di masing-masing SKPD bisa tercatat dan terinventarisasi dengan baik,” ungkapnya saat membuka Bimtek BPKAD kemarin (28/4).

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor BKD Kolaka tersebut, Jayadin menegaskan bahwa hingga saat ini, masih banyak mantan pejabat Pemda Kolaka yang menguasai aset dan barang miliki Pemda Kolaka.

“Terlalu tinggi rasa memilikinya, sehingga biar pegawainya telah pensiun atau tidak lagi menjabat, tapi masih menguasai barang dan aset milik daerah,” jelasnya tanpa menyebutkan siapa saja yang dimaksud masih menguasai barang dan aset daerah.

Kendati demikian, pasangan Ahmad Safei ini mengakui bahwa barang dan aset milik daerah bisa saja di kuasai menjadi milik pribadi, jika melalui
prosedur. “Barang dan aset daerah pada dasarnya bisa dikuasai, namun ada mekanisme yang harus dilalui, nah ini yang banyak tidak dilaksanakan oleh mereka yang menguasai barang milik Pemda,” ujarnya.

Olehnya itu, melalui kesempatan tersebut, mantan Karyawan BUMN ini berharap agar para SKPD yang hadir mengikuti BimTek sensus barang milik daerah yang dilaksanakan oleh BPKAD, bekerja sama dengan BPKP perwakilan Sulawesi Tenggara selama dua hari hingga selesai. (ABDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.