Connect with us

Budaya Buton untuk Indonesia

Uncategorized

Budaya Buton untuk Indonesia

BAUBAU, SUARAKENDARI.Com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Mari Elka Pangestu  mengaku salut dan kagum atas kerja keras dan kreatifitas dari Pemerintah Kabupaten Buton dalam mendorong pengembangan pariwisata dan budaya Buton. Baginya Budaya Buton adalah warisan budaya nusantara yang harus terus dilestarikan.

Mari Elka Pangestu  mengaku sangat salut dan bangga dengan kinerja Bupati Buton atas komitmennya  dalam melestarikan budaya Buton, dimana kita ketahui bersama Budaya Buton adalah warisan budaya nusantara dan dunia. Kreatifitas ini ditunjukkan pemerintah dengan kembali memperkenalkan budaya tenun melalui pagelaran fashion show. Kegiatan ini bukan tak mungkin akan dapat menggerakkan kegiatan ekonomi dan pariwisata benar-benar bersinergi .

Mari Elka Pangestu  menambahkan , selama 8 tahun terakhir, tenunan NTT juga terangkat ke petas nasional, karena hampir semua budaya mereka selalu menggunakan desainer yang handal dalam memamerkan hasil tenunannya . Dan itu berdampak positif kepada para pengrajin di sana, hingga pendapatannya selalu meningkat dan bahkan jumlah pengrajin tenun juga semakin tahun semakin bertambah . Ia berharap apa yang tengah berlaku di NTT juga bisa berlaku di Buton.

“Kami selalu mengharapkan, agar anak -anak muda Indonesia dan Buton pada khususnya, bisa belajar menenun agar budaya lokal bisa terus berkembang di masa yang akan datang,”harapnya.

Memang, banyak cara yang di lakukan untuk memamerkan budaya daerah, salah satunya adalah lewat fashion show. Kali ini Kabupaten Buton melakukan pameran kain tenun dengan menghadirkan 41 model yang tergabung dalam model nasional dan mancanegara. Pameran kain tenun lewat fashion show oleh model-model ini di lakukan di atas pentas yang telah di buat di sepanjang dermaga Banabungi Pasarwajo.

Di awali dengan model cilik , acara pementasan budaya ini sangat memukau para pengunjung yang hadir . Yang kemudian di susul dengan para model cantik dari mancanegara . Puluhan model ini di waajibkan untuk memakai pakaian yang mempunyai motif kain tenunan buton . Secara bergiliiran mereka menampilkan gaya dan wajah manisnya di pentas yang berukuran panjang 50 meter itu .

Iyan Adrian desainer ternama tanah air menuturkan, untuk pementasan yang di ikuti oleh model nasional ini, pada prinsipnya hanya untuk memamerkan budaya buton dalam hal ini adalah tenunan kain buton lewat fashion show . “Yang pasti kami menunjukan tentang kain butonnya, bahwa buton itu luar biasa , dan bukan hanya untuk di Indonnesia saja, tapi juga di dunia internasional . Biar dunia tahu kalau tenunan buton juga biisa bersaing dan harus di kembangkan bukan hanya untk dilestarikan, “katanya.

Perkembangan tenunan yang di maksudkan agar pertumbuhan ekonomi kreaatif dapat bermanfaaat bagi masyaarakat setempat. Adrian menambahkan ,”Kalau untuk keseluruhan tenunan di Indonesia pastilah menarik, tapi Buton punya filosofi tersendiri sehingga Ia tidak menemukan kesulitan untuk modelnya karena motif kain buton mempunyai warna tropis dan cerah sesuai dengan iklim di Indonesia . Semua yang kami bawa adalah motif tenunan buton dan tak satupun ada motif dari daerah lain,”katanya.

Bupati Buton , Syamsu Umar Abdul Samiun mengatakan kegiatan fashio show digelar demi mendongrak ekonomi Kreatif lewat budaya, dan pihaknya sudah bertekad mengangkat harkat dan martabat Buton di masa lalu dengan tenunan yang ada .

Tenunan Buton merupakan budaya masyarakat sejak zaman nenek moyang yang telah secara turun temurun di lakukan . Olehnya itu , pemerintah kabupaten buton sangat mengharapkan agar budaya lampau bisa menjadi budaya yang tidak akan pernah mati .

Bupati Buton juga memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada menteri pariwisata yang telah hadir dan budaya di buton sebenarnya masih membutuhkan perhatian dari pemerinta pusat agar ekonomi kreatif di buton dapat bergerak dan meningkat serta dapat menekan angkapengangguran.. Apalagi potensi dan budaya buton yang sangat menjanjikan. RK

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top