Connect with us

BPTP Balitbangtan Sultra Latih Petani dan Tenaga Penyuluh Pertanian Konawe

Pertanian

BPTP Balitbangtan Sultra Latih Petani dan Tenaga Penyuluh Pertanian Konawe

BPTP Balitbangtan Sultra Latih Petani dan Tenaga Penyuluh Pertanian Konawe

Suarakendari-Guna meningkatkan produksi dan produktivitas padi, para petani harus terus ditambah pengetahuan dan kemampuannya dalam budidaya padi sawah. Inovasi teknologi spesifik lokasi yang dihasilkan BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara harus terus mengalir ke petugas penyuluh pertanian dan petani. Pelatihan Teknologi Padi Sawah yang diselenggarakan oleh BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara yang bertempat di Aula Kebun Percobaan (KP) Wawotobi Pelatihan dan dihadiri oleh petani yang tersebar dalam 17 kelompok tani Se Kabupaten Konawe, para petugas Lapangan (Penyuluh Pertanian) dan Babinsa. Hadir pula para Narasumber Danramil Wawotobi 1417-02, Peneliti BPTP Balitbantan Sulawesi Tenggara, dan Kepala BPP Wawotobi. KegiatanPelatihan teknologi padi sawah dibuka oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Koordinator Program dan Evaluasi. Dalam sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara mengharapkan kepada peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan selain diberikan materi oleh beberapa Narasumber juga akan ada kunjungan lapangan ke demplot beberapa VUB Balitbangtan yang ada di lokasi persawahan KP Wawotobi (05/12/2017).

Rahmat Nur, SP, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH)Dinas Tanaman Pangan, Hortikultur dan Perkebunan Kabupaten Konawe menyampaikan bahwa peningkatan keterampilan Petugas dan Petani melalui pelatihan-pelatihan dapat meningkatkan produksi padi di Kabupaten Konawe. Terima Kasih Kepada BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara yang terus mengupayakan peningkatan produksi padi di Kabupaten Konawe, baik melalui dukungan Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan maupun melalui pelatihan-pelatihan yang tahun ini sudah kesekian kalinya mengadakan pelatihan-pelatihan serupa di Kabupaten konawe, Tutur Rahmat Nur. Saya minta Petani dan Petugas Lapangan jangan hanya duduk mendengar tapi setelah ini harus diterapkan di lokasi masing-masing dan kalau mendapat kendala teknis di lapangan agar cepat dikomunikasikan dengan BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara.

Magdalena, SP (Kepala BPP Wawotobi) memberikan penjelasan tentang penerapan teknik budidaya padi sawah di tingkat petani. Beliau menuturkan kendala-kendala yang dihadapi oleh petugas di lapangan, salah satunya adalah penerapan sistem tanam jajar legowo dimana petani kebanyakan hanya membuat lorong tanpa ada tanaman sisipan. Beliau juga mengapresiasi kerja BPTP Sulawesi Tenggara yang selalu hadir di lapangan bersama-sama dengan petugas setiap dibutuhkan dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang hadapi petugas dan petani. (SJ588)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pertanian

To Top