Connect with us

BPTP Balitbangtan Sultra Kolaborasi di Program Siwab  

Bisnis

BPTP Balitbangtan Sultra Kolaborasi di Program Siwab  

BPTP Balitbangtan Sultra Kolaborasi di Program Siwab  

 

SUARAKENDARI.COM-Salah satu program strategis kementan dewasa ini dalam upaya mempercepat ketersediaan daging Nasional adalah percepatan peningkatan produksi ternak sapi melalui program Siwab (sapi indukan wajib bunting).

Dalam upaya mewujudkan program tersebut, BPTP Balitbangtan Sultra bersama, BBIB singosari dan pemda Kab. Konawe melaksanakan kegiatan gertak birahi secara bersama selama 5 hari dari tgl 21-25 maret 2017. Tujuan gertak birahi tersebut adalah mempercepat munculnya gejala birahi ternak dan dengg cepat proses inseminasi (kawin suntik) dapat dilakukan dg tepat.

Penerapan teknologi sinkronisasi birahi (gertak birahi) merupakan upaya manipulasi kadar hormonal indukan untuk mempercepat peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuk induk. Proses rekondisi tersebut dalam jangka 3 hari setelah aplikasi hormon PGF2 alpha indukan akan menampakkan gejala birahi dan merupakan waktu yg tepat untuk kawin IB.

Kerja bersama yg akan dilaksanakan Selama 5 hari berturut-turut melibatkan berbagai personil diantaranya 4 org dokter hewan, 9 org inseminator, 2 org tenaga ahli dari BBIB singosari, 3 org personil adm isikhnas dan 2 org dari balitbangtan Sultra.

Pelaksanaan sinkronisasi birahi dilaksanakan secara terpusat. Dalam 1 desa dibentuk pusat pelayanan sebanyak 4-5 titik, selanjutnya tim gabungan dibagi berdasarkan jumlah titik yg telah dibuat dan masing-masing melaksanakan pelayanan berdasarkan kompetensi.

Bentuk pelayanan yg dilaksanakan masing-masing tim berupa, pemeriksaan kebuntingan (PKB), sinkronisasi birahi, inseminasi buatan (IB), dan pelayanan kesehatan hewan. Metode tersebut akan dilaksanakan secara bergilir dari dusun kedusun.

Upaya bersama tesebut merupakan langkah strategis dalam mempercepat realisasi Upsus Siwab Sultra yg ditargetkan selama 1 tahun (2017) sebesar 24.000 akseptor dengan target kelahiran sebesar 19.000 ekor. (IKA)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top