Connect with us

BPTP Baligbangtan Sultra Gelar Diskusi Strategi Peningkatan Produksi Jagung di Sultra

Advertorial

BPTP Baligbangtan Sultra Gelar Diskusi Strategi Peningkatan Produksi Jagung di Sultra

BPTP Baligbangtan Sultra Gelar Diskusi Strategi Peningkatan Produksi Jagung di Sultra

SuaraKendari- “Strategi Peningkatan Produksi Jagung di Sulawesi Tenggara” merupakan tema sentral pembahasan dalam Forum Group Discusion  yang dilaksanakan di BPTP Balitbangtan Sultra pada hari Rabu (14/11/2017).
Kegiatan FGD ini dihadiri oleh stakeholder antara lain, Dinas Pertanian Tan Pangan dan Peternakan Prov. Sultra, PT Petro Kimia Gresik, PT Pertani, Bulog, PT SHS, PT Pupuk Kaltim, UPTD Perbenihan, BPSB Prov. Sultra, UHO, Peneliti dan penyuluh.
Dalam sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan Sultra, Ir. Muh. Asaad, M.Sc menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Bagian dari kegiatan Analisis Kebijakan Pertanian yang bersifat antisipatif.
Selanjutnya Kepala Balai menyampaikan bahwa setiap tahun BPTP Balitbangtan Sultra, selain melakukan kajian dan diseminasi hasil pengkajian juga melakukan kegiatan kegiatan Kementan secara top down.
“ Salah satunya adalah kegiatan untuk mendukung kegiatan Strategis Pertanian, yaitu kegiatan perbenihan antara lain : perbenihan padi, jagung, kedelai, cabe, mente, kelapa, kakao dan cengkeh.
Khusus untuk pengembangan benih jagung hibrida, BPTP Balitbangtan Sultra bersama penangkar telah bisa memproduksi benih jagung hibrida, sejak tahun 2016, sehingga ke depannya untuk penyediaan benih jagung hibrida sudah bisa dikembangkan oleh pengkar di Sulawesi Tenggara.
Kegiatan pada hari ini akan menggali permasalahan pengembangan jagung di Sulawesi Tenggara. Salah satunya adalah rendahnya capaian realisasi tanam periode Asep 2017 hanya mencapai 40 ribuan ha dari target 100 an ha. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan terurai permasalahan pengembangan jagung di Sulawesi Tenggara” ungkap Kepala Balai.
Pada acara ini, materi dibawakan oleh BPTP Balitbangtan Sultra dari sisi teknis budidaya dan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Prov. Sulawesi Tenggara dari sisi kebijakan pengadaan dan distribusi benih. (Ika)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Advertorial

To Top