Bombana Jadi Wilayah Pengembangan Pariwisata Nasional

0

BOMBANA-Kabupaten Bombana bukan cuma mengandalkan potensi sumber daya alam berupa tambang, sebagai sektor andalan daerah. Namun dibalik itu, terselip giat mempromosikan potensi daerah di bidang pariwisata

Upaya promosi itu kini berbuah manis. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PTT) memasukan daerah ini sebagai salah satu wilayah binaan untuk tujuan wisata.
Secara fantastik, Bombana masuk daftar tiga daerah di Indonesia untuk pengembangan sektor pariwisata. Dua daerah lainnya, yakni kabupaten Lebak dan Kabupaten Pakis

Guna menstimulus tujuan tersebut, Kamis (10/9) Kemndes PTT melalui
Direktorat Jendral Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa dan Direktorat Pengembangan Usaha ekonomi Desa gelar bintek pilot project bagi pelaku dunia usaha pariwisata diKabupaten Bombana.

Sugeng Riono, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi mengatakan kegiatan ini untuk mendorong dan menginisiasi pembentukan design Klaster dan pusat-pusat aktivitas pariwisata di kabupaten Bombana.

Setidaknya pariwisata di Bombana sambung Sugeng, di bagi dalam tiga klaster. Diantaranya potensi untuk desa pariwisata religi, desa pariwisata Budaya serta desa pariwisata Maritim atau  Bahari.

“Untuk pengembangaan itu, kami adakan dulu bimbingan bagi 50 peserta dari masyarakat Bombana.  Terdiri  delapan kepala desa ditambah para pelaku dan penggiat pariwisata Bombana selama tiga hari ( 9- 11 september 2015),” ujarnya.

Tujuan bintek, untuk memberikan perhatian dan bimbingan kepada para pelaku usaha dan pekerja jasa pariwisata di Kabupaten Bombana. “Jadi mereka ini akan memfasilitasi pekerja jasa pariwisata dalam usaha peningkatan kesadaran dalam pengelolaan pariwisata. Kedepan jika berjalan mulus, kiat ini bakal meningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan sektor pariwisata dan sub sektor lainnya,” jelasnya.

Senada dengan itu, Muliadin malik, Kasubdit bidang kelembagaan. Direktorat Badan Usaha Milik Desa memuji potensi panorama wisata yang ada di Kabupaten Bombana. Satu diantaranya yakni panorama desa Tangkeno Kecamatan Kabaena Tengah yang dikenal negri diatas awan. 

“Kegiatan ini merupakan bagian kebijakan pemerintah untuk memajukan perekonomian di desa. Kedepan, desa harus mandiri dan kokoh dengan sejumlah potensi-potensinya. Diantaranya dari segi pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu,  Bupati Bombana H. Tafdil sangat mengapresiasi hadirnya pelaksanaan bintek bagi dunia pariwisata di Bombana. Ketua DPP PAN Bombana ini menyatakan pasca bintek, Bombana bakal dikucurkan anggaran   
Dari Pusat untuk pengembangan dunia pariwisata di Kabupaten Bombana. (DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.