Connect with us

Bombana Butuh Pembangkit Listrik Alternatif

PLN soal lisitrik padam

Bisnis

Bombana Butuh Pembangkit Listrik Alternatif

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Krisis listrik yang melanda Kabupaten Bombana membuat warga kian merana, terutama memukul kehidupan pelaku ekononi daerah itu. Untuk itu, pemerintah kabupaten bombana diminta tak lagi terus menerus bergantung pada pembangkit listrik milik PLN untuk memasok listrik, melainkan sudah harus  mulai memikirkan pembangkit listrik alternatif.

Kepala ranting PLN Samsul, mengatakan, jika tidak ada alternatif lain terkait ketersediaan daya listrik, bukan mustahil pemadaman selalu melanda Bombana,  mengingat beban puncak pelanggan di Bombana mencapai 4,4 Mega Watt (MW). Sementara daya listrik PLN Rayon Bombana cuma 4,8 MW.

Daya tersebut dihasilkan dari lima pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang kondisi mesinnya sudah tua. Jika ada mesin yang rusak, maka otomatis pemadaman terjadi.

Karena itu, Bombana butuh pembangkit listrik alternatif seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air, tenaga Surya ataupun tenaga gas sebagai cadangan daya listrik. “Cadangan itu perlu, sebab mencermati beban puncak sekarang, serta kondisi mesin yang sudah tua. Maka alternatif sangat perlu,” ujar Samsul

Hadirnya cadangan listrik tersebut, butuh kesepahaman antara Pemkab selaku pemilik daerah dan Pihak PLN Bombana selaku tenaga tekhnisnya. Jika tidak, maka pemadaman akan jadi lagu lama yang terus mengalun.(DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top