Connect with us

BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba di Muna

Uncategorized

BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba di Muna

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Badan Narkotika Nasional (BNN) Sultra, membuat terobosan untuk penyelamatan para pecandu narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba). Di Muna,BNN menggandeng salah satu LSM yang konsen dengan persoalan para pecandu narkoba,Out Rache Centre No Injeg and Drugs (ORC NOID).) BNN mendampingi ORC NOID menggelar sosialisasi dan FGD di SMK Kesehatan Raha dengan mengangkat tema ‘2014 sebagai tahun penyelamatan pecandu atau pengguna narkoba’. Selain FGD,BNN juga melakukan tes urin terhadap seluruh siswa SMK kesehatan. Hasilnya,urinnya seluruhnya negatif narkoba.

FGD yang menghadirkan Kapolres Muna, AKBP Sempana Sitepu sebagai narasumber tersebut dihadiri oleh sekitar 50 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dalam diskusi tersebut juga hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Sultra, La Mala,SKM MSi.

Tahun 2014 kata La Mala jut merupakan tahun penyelamatan pengguna/pecandu narkoba. “Kita berharap para pengguna narkoba tidak selamanya harus dipidanakan (penjara_red),tapi harus direhabilitasi. Kemudian jika ada pengguna yang terjerat hukum,kita  upayakan dan mendorong penegak hukum agar mengedepankan sanksi rehabilitasi dari pada pidana penjara,”ucapnya.

Dengan demikian kata La Mala,masyarakat tidak perlu takut untuk menginformasikan kepada IPWL (institusi Penerima Wajib Laor) jika ada teman atau kerabatnya yang terlanjur menggunakann narkoba. “Melalui kegiatan ini kita dorong masyarakat dan keluarga pengguna narkoba untuk mau melaporkan para pengguna narkoba ini ke IPWL,BNN atau melalui LSM ORC NOID ini,”imbaunya.

IPWL lanjut dia siap menerima korban penyalahgunaan narkoba. “Kalau kecanduannya masih ringan,bisa dirwat di IPWL (Rumah Sakit Jiwa dan Rumah Sakit Bhayangkara),kalau kecanduan berat maka kita akan lakukan rehabilitasi,”ujarnya. (TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top