Connect with us

Blusukan, Bupati Konkep Lalui Medan Berat

Uncategorized

Blusukan, Bupati Konkep Lalui Medan Berat

KONKEP,SUARAKENDARI.COM-Tak banyak yang seberani Nur Sinapoy. Pria yang sehari-hari menjabat sebagai pelaksana Bupati Konawe Kepulauan ini harus menyetir sendiri mobil menuju ke pelosok pedesaan melalui medan jalan yang rusak parah khususnya di wilayah Utara Pulau Wawonii, Sabtu, (9/8).

Menggunakan mobil jenis hardtop, Nur Sinapoy menyusuri pelosok Wawonii Utara di Ladianta hingga Tumburano . Hujan deras yang mengguyur menyebabkan jalan menjadi licin dan penuh kubangan lumpur.

Dalam blusukan Bupati bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat setempat, sebelum akhirnya melakukan pesta adat di obyek wisata permandian tumburano, sekaligus membuka secara resmi dan menetapkan tumburano sebagai salah satu  obyek wisata andalan kabupaten Konawe Kepulauan.

Oleh warga setempat, akses jalan menuju Utara Wawonii memang terkenal rusak parah, Kerusakan badan jalan nyaris mencapai 98 persen dan praktis hanya dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat jenis hardtop.

Kerusakan jalan di Utara Wawonii sudah terjadi puluhan tahun, sejak daerah penghasil kopra terbesar di Sultra ini masih bergabung dengan wilayah administrasi Konawe. “Sudah puluhan tahun jalan di bagian utara ini rusak parah dan membuat warga di kawasan ini sangat terisolir dari daaerah lain di Konawe Kepulauan,”kata Sulran, salah satu generasi muda Wawonii Utara.

Ia menaruh harapan, dengan mekarnya Wawonii sebagai otonomi baru, warga dapat menikmati pembangunan khususnya jalan raya di kawasan itu. “Semoga jalan di Wawonii utara dapat segera diperbaiki,”ungkap Sulran.

Ya, Seiring mekarnya Wawonii sebagai daerah otonomi baru, maka harapan masyarakat memiliki jalan yang mulus dapat sedikit terobati. Pejabat Bupati Konawe Kepulauan, Nur Sinapoy mengaku tahun ini jalan lingkar wawonii sudah mulai di kerjakan, dan khusus di kawawasan utara, jalan sejauh 35,5 KM yang rusak parah segera diperbaiki mengingat peralatan berat milik Pemkab Konkep sudah siap. “Peralatan berat kita sudah siap  action memperbaikin jalan di kawasan utara,”ujarnya.

Khusus perbaikan jalan di kawasan ini, pemkab telah menyediakan dana sebesar 2 miliar rupiah.

Namun, sayang harapan besar ini masih sedikit terpendam karena membutuhkan waktu yang cukup agar pemerintah dapat membenahi kerusakan jalan. Kendati terbatasnya anggaran pembangunan Konkep, namun semangat membangun wawonii terus digalakkan pemkab konkep saat ini Jalan lingkar wawonii yang tengah digarap diharapkan dapat mengatasi problem rakyat sekaligus mengobati kerinduan warga akan jalan yang mulus.YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top