Connect with us

Bisnis Kreatif Terancam Gulung Tikar

Bisnis

Bisnis Kreatif Terancam Gulung Tikar

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN), Kota Kendari menilai, tindakan tegas yang dilakukan oleh KPU dan Panwaslu dalam menjalankan PKPU Nomor 15 tahun 2013 tentang penertiban alat peraga kampanye, dapat menimbulkan sejumlah bisnis kreatif terancam gulung tikar.

Pasalnya, dengan penertiban sejumlah baliho khususnya di Kota Kendari, akan menimbulkan pendapatan para pengusaha advertising menurun yang berdampak semakin meningkatnya jumlah pengangguran di Bumi Anoa ini. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPD PAN Kota Kendari, Nur Amin A, SP, saat ditemui di ruang kerjanya akhir pekan lalu.

Menurutnya, dengan aturan baru yang dikeluarkan oleh KPU itu, menyebabkan semakin terbatas  pembuatan baleho para calon anggota legislatif. Padahal hal itu merupakan salah satu alat peraga bagi parpol yang paling efektif untuk melakukan sosialisasi. Walaupun ada zona-zona yang ditetapkan untuk pemasangan baleho dalam aturan itu, namun terasa tidak cukup dalam rangka sosialisasi  karena dalam satu dapil hanya terdapat satu zona saja.

“Terbatasnya pencetakan baleho para kontestan Pemilu otomatis, pemasukan dari pengusaha dibidang jasa advertising semakin menurun pula. Padahal, dari situlah para pengusaha bisnis kreatif ini menggaji para karyawan mereka,” jelas Amin.

Berkurangnya omset dari bisnis kreatif tersebut, lanjutnya lagi, jelas akan menimbulkan bertambahnya pengangguran di Kota Kendari. Pasalnya, untuk meminimalisir biaya produksi, mereka harus melakukan pengurangan tenaga kerja.

“Kalau omset kurang, tindakan yang akan dilakukan oleh para pengusaha advertising ini, ya tidak ada jalan lain selain melakukan PHK. Ini juga akan berdampak pada perekonomian di Kota Kendari, ” jelasnya.

Untuk diketahui, Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013, yang ditetapkan oleh KPU pada Juli 2013 lalu, adalah revisi dari Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013. Dalam aturan tersebut mengatur tentang pemasangan alat peraga kampanye sekaligus mempreteli kewenangan Panwaslu untuk menindak pelanggarannya.  (MIN)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top