Benda Pusaka Kerajaan Konawe Dipamerkan

0

SUARAKENDARI.COM-Festival keraton dan masyarakat adat menampilkan beragam kegiatan salah satunya pameran benda pusaka kerajaan se nusantara. Salah satunya benda pusaka yang ditampilkan adalah pusaka milik kerajaan konawe Sulawesi Tenggara, berupa parang dan piring makan raja milik raja Konawe, Lakidende dan dua panglimanya.

Selama ini, pusaka kerajaan ini memang tak pernah ditampilkan ke muka umumdan pada momentum pameran inilah diperlihatkan dalam pameran budaya internasional. Menariknya, sebelum dipamerkan tokoh pemangku adat konawe menggelar prosesi adat penyerahan ke pemerintah daerah.

Penyerahan benda pusaka berupa parang ta’awu dan piring makan raja kerajaan konawe dilakukan melalui prosesi adat Mosehe dan Tombi Tutuwi Motahano atau penyerahan duplikat bendera kerajaan.
Ajmain suruambo, pemangku adat mengatakan, benda pusaka kerajaan konawe ini akan dipamerkan pada festival keraton dan masyarakat adat ASEAN yang berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 November.

Bisman Saranani, tokoh masyarakat adat Tolaki mengatakan, dalam dokumen DPRD tingkat I Sulawesi Tenggara dijelaskan bahwa, kerajaan konawe mulai berdiri pada abad ke 5 dengan raja pertamanya bernama Tanggoluwuta.YJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.