Connect with us

BEM Fakultas Hukum Gelar Dialog tentang Pancasila

Suara Pendidikan

BEM Fakultas Hukum Gelar Dialog tentang Pancasila

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Haluoleo menggelar dialog Publik mengangkat tema mengukuhkan kembali pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Ketua BEM Fakultas Hukum Unhalu Jaswanto menjelaskan, dialog Publik yang mereka lakukan untuk menggugah MPR RI yang menjadikan Pancasila sebagai Pilar kebangsaan bukan sebagai dasar Negara.

“Pancasila merupakan sebuah landasan Negara yang telah ditetapkan dalam tap MPR yang ke 18 tahun 1998 bahwasanya pancasila adalah landasan negara” ungkapnya.

Menurutnya, pancasila merupakan roh atau ideologi negara tidak bisa disamakan dengan 3 pilar kebangsaan yakni NKRI, UU 45 dan Bineka tunggal Ika. BEM Fakultas Hukum mendesak MPR mengembalikan Hakikat pancasila sebagai dasar negara bukan sebagai pilar kebangsaan, sebab 3 pilar kebangsaan yang ada lahir dari pancasila.

 

“Tahun 2010 4 pilar kebangsaan telah disosialisasikan oleh MPR ini yang menjadi bahan kritikan, 4 pilar kebangsaan telah mensejajarkan pancasila dengan 3 dasar yang lain yakni UU dasar NKRI dan Bineka Tunggal Ika, sementara pancasila secara jelas secara landasan filosopis bahwa pancasila merupakan landasarn Negara yang melahirkan ketigaa pilar itu” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang pemateri Sahrina Safiudin menjelaskan untuk mengangkat kembali nilai-nilai pancasila harus dimulai dengan pengenalan pancasila atau dahulu dikenal dengan pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (P4).

 

Paska menggelar dialog Rencananya BEM Fakultas akan mengirimkan rekomendasi tentang pancasila sebagai dasar Negara dan akan menggelar dialog kembali dengan MPR RI dalam menanggapi jawaban MPR RI nantinya. ALIN

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top