Connect with us

Begini Cara Oknum Pejabat Kolut Tilep Uang Rakyat

Uncategorized

Begini Cara Oknum Pejabat Kolut Tilep Uang Rakyat

KOLAKA UTARA, SUARAKENDARI.COM- Kolaka Utara (Kolut) bukanlah Kabupaten baru. Bahkan, daerah pecahan Kabupaten Kolaka itu sudah bisa mandiri sejak enam tahun lalu. Segala potensi daerah dikerahkan untuk menghidupi roda perekonomian di bumi yang dipimpin Bupati Rusda Mahmud. Sayangnya, kemandirian Kolut ternoda dengan perilkau oknum pejabatnya yang korup.

Betapa tidak, program pembangunan yang sejatinya untuk masyarakat kecil, justeru dialihkan untuk ke kepentingan pribadi. Sebut saja dana Bantuan Sosial tahun anggaran 2012. Saat itu BPKP mengendus ada aliran dana tidak wajar. Bahkan, aliran dana tidak wajar itu juga diendus dalam rekening pejabat pemda Kolut saat itu bernama Fahri.

Kepala Seksi Kejari Lasusua, La Ode Abdul Sofyan menjelaskan, bahwa, memang ada aliran dana tidak jelas ke rekening Fahri, dan hal ini tercium oleh BPKP. “ Jadi dana bansos itu digunakan untuk membiayai kegiatan HUT RI dan HUT Kolut, ada juga bantuan pendidikan, biaya profesi. Inilah yang kami anggap tidak wajar, “ katanya.

Dijelaskan pula dari semua itu ad aliran dana sekitar Rp.1 Milyar yang masuk dalam rekening Fahri. “Ada yang masuk dalam rekening pribadinya Fahri. Itu dengan alasan pada saat peryaan HUT Kolut dia menggunakan dana pribadinya dulu setelah dana bansos itu cair segera dialihkan ke rekening pribadinya sebagai pengganti,” tegasnya.

Memang, system pengelolaan uang Negara di Kolaka Utara tidaklah sebagus atau semulus didaerah lain. Buktinya kasus Fahri. Uang Negara diperuntukkan bagi bantuan social malah dilarikan dalam peryaan serimonial. Belum lagi menilep ke rekening pribadi dengan dalih uang pengganti atas biaya pribadi yang dia keluarkan.

Sebenarnya wartawan sudah beberapa kali mencoba untuk mengonfirmasikan hal ini kepada sejumlah pejabat terkait di Kolaka Utara, bahkan Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud. Tetapi lagi-lagi hal itu terkendala dengan yang bersangkutan sedang berada diluar kota. (aB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top