Connect with us

BBM Naik, Tarif Angkutan umum di Bombana Melambung

Bisnis

BBM Naik, Tarif Angkutan umum di Bombana Melambung

 

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM   -Belum hadirnya tarif resmi dari pemerintah Daerah, membuat sejumlah  angkutan penumpang umum naikan tarif sesuka hatinya.

Pasca naiknya BBM Selasa (18/11), Tarif sejumlah angkutan di wilayah Kabupaten Bombana merangkak naik secara dadakan.

Untuk angkutan darat tujuan Bombana-Kendari melonjat jadi 90 ribu, dari tarif sebelumnya 70 ribu. Sementara Bombana-Kolaka yang sebelumnya 120 ribu, kini jadi 140 ribu.

Angkutan laut yang paling menyolok. Rute Bombana-Bau Bau melonjak jadi 230 ribu dari sebelumnya 185 ribu. Tarif tersebut berlaku untuk angkutan kapal cepat. Sementara kapal kayu dari sebelumnya 120 ribu menjadi 150 ribu.

Untuk rute Kasipute-Kabaena, Kapal cepat naik jadi 160 ribu dari sebelumnya 125 ribu. Sementara kapal kayu dari sebelumnya 100 ribu kini menjadi 125 ribu.

Naiknya tarif angkutan umum sesuka hati ini, memicu keresahan masyarakat. Purwono (37) warga Bombana urung berangkat ke Bau Bau akibat tarif kapal cepat “meroket”

“Saya batal naik ke Bau Bau untuk tengok saudara di sana. Sebab tarif kapal cepat jadi 230 ribu. Apa lagi saya bawah motor, berarti tarifnya jadi 460 ribu itu baru biaya sewa kapal. Tarif Ini sangat tinggi dan tidak bisa saya jangkau. Makanya saya urung berangkat,” tuturnya.

Purwono berharap pemerintah, baik pemkab maupun Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara agar lekas menetapkan biaya transportasi, biar jelas tarif angkutan yang sebenarnya.

“Pasca kenaikan BBM itu, pemerintah harus lekas memberlakukan tarif angkutan. Biar jelas tarifnya serta jangan memberatkan masyarakat.” tukasnya. (DAR)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top