Connect with us

Baznas Kota Kendari Salurkan Dana ZIS Periode Ketiga

Metro

Baznas Kota Kendari Salurkan Dana ZIS Periode Ketiga

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) untuk periode Ketiga, di aula Bertaqwa Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Kamis.

Hadir pada kegiatan itu, Ketua Umum Baznas Kota Kendari H. Musadar Mappasomba, SP, MP yang juga Wakil Walikota Kendari, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag., MA, Ketua Harian Baznas Kota Kendari Drs. H. Alimuddin K, sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Kendari, para Camat dan Lurah, serta Kepala Madrasah / Kepala Sekolah se Kota Kendari.

Ketua Harian Baznas Kota Kendari, H. Alimuddin K, dalam laporannya mengatakan bahwa dana yang disalurkan pada periode Ketiga ini berjumlah Rp. 193.429.000, dengan rincian penyaluran meliputi 70 siswa miskin berprestasi, 40 masyarakat fakir, 70 masyarakat miskin, bedah rumah 6 unit, serta biaya khitanan missal untuk 70 anak.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Baznas Kota Kendari, H. Musadar Mappasomba mengatakan bahwa Zakat profesi yang dihimpun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkot Kendari ini merupakan wujud dari kepedulian, serta pemahaman yang indah dari para pembayar zakat.

Menurut Musadar, zakat adalah rukun Islam yang di dalam Al Quran penyebutannya selalu beriringan dengan perintah Shalat. “Adanya Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Daerah (Perda), maupun Peraturan Walikota (Perwali) merupakan alat bantu operasional serta legalitas dalam berbangsa, namun hukum zakat adalah hukum Allah,” kata Wakil Walikota Kendari ini.

Musadar menegaskan, harta merupakan titipan Tuhan. Karenanya di dalam harta tersebut terdapat hak orang yang tidak mampu. “Jika zakat berjalan dengan baik, maka tidak ada masyarakat miskin yang menderita, karena zakat merupakan pilar-pilar kebersamaan umat dalam membangun kesejahteraan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, penerimaan zakat profesi PNS di lingkup Pemkot Kendari setiap bulannya mengalami trend peningkatan. “Oleh sebab itu, kami meminta kepada pengurus Baznas agar mampu mengelola dana zakat secara baik dan benar, serta dapat dipertanggungjawabakan kepada masyarakat dan kepada Tuhan,” ungkap Musadar seraya berharap.

Pada sesi penyaluran dana ZIS, secara berturut-turut dilakukan Wakil Walikota Kendari dengan menyerahkan secara langsung dana ZIS kepada 70 siswa miskin berprestasi. Selanjutnya Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin menyerahkan dana ZIS bagi masyarakat fakir, sedangkan bantuan untuk masyarakat miskin diserahkan Ketua Harian Baznas Kota Kendari H. Alimuddin.

Adapun khitanan massal dilaksanakan di Klinik Kesehatan Pemkot Kendari. (bepe/pudo)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top