Connect with us

Bawaslu Pusat Warning Kepala Daerah

Hukum & Kriminal

Bawaslu Pusat Warning Kepala Daerah

KENDARI, SUARAKENDARI.COM. Ketua Bawaslu RI, Muhammad, menegaskan kepada seluruh gubernur dan bupati/walikota agar tidak menggunakan fasilitas negara dalam kampanye atau mendukung salah seorang capres dan cawapres.

Menurutnya, seorang kepala daerah harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat melalui pendidikan politik yang lebih terhormat, jangan sampai menggunakan kekuasaan yang dimiliki sebagai alat untuk memenangkan pasangan yang didukungnya.

“Bukan mencurigai, tapi kecurangan itu ada selannya karena seorang kepala daerah itu memiliki kekuasaan untuk menggerakkan birokrasi yang dipimpinnya,” kata Muhammad saat berkunjung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (10/6/2014).

Ia juga mengingatkan kepada seluruh kepala daerah agar tidak menggunakan fasilitas negara ketika melakukan kampanye, karena jika seorang kepala daerah mengambil cuti, maka segala fasilitas harus dilepaskan.

“Tidak boleh menggunakan kendaraan dinas dan tidak boleh juga tinggal di rumah jabatan karena fasilitas negara hanya boleh digunakan pada saat seseorang menjabat jabatan tersebut,” tukasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepada daerah yang ada di Sultra untuk bisa netral dan tidak menggerakkan PNS untuk memenangkan salah seorang calon yang diusungnya, meskipun ia menyadari bahwa kepala daerah pasti memihak pada salah seorang capres dan cawapres yang diunggulkannya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top