Connect with us

Batal Berangkat, Korban Calon Haji Ancam Lapor Polisi

Hukum & Kriminal

Batal Berangkat, Korban Calon Haji Ancam Lapor Polisi

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Batal menunaikan ibadah haji, sejumlah calon haji mengancam akan melaporkan pemilik biro perjalanan haji ke polisi. Pasalnya, hingga kini dana yang telah disetor belum juga dikembalikan pada para jamaaah.

“Kami menghimbau pemilik biro travel untuk mengembalikan dana yang sudah kami setor, jika tidak kami akan segera melaalpor ke pihak berwajib,”kata SB , salah satu jamaah calon haji asal Puwatu yang batal berangkat.

Dana yang disetor memang tidak sedikit, setiap  jamaah calon haji menyetor dana antara 90 juta hingga 100 juta rupiah. Dana ini terdiri dari pengurusan visa haji,  biaya berhaji serta dana selama berada di Jakarta.   Meski begitu, para jamaah masih cukup bersabar dan memberi kesempatan pada pemilik travel PT.  Madani Semesta Wisata untuk dapat engembalikan dana mereka.

Kasus batalnya sejumlah jamaah haji Sultra berangkat haji memang bukan yang pertama, melainkan sudah beberapa kali pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2012 silam, sejumlah jamaah haji juga mengalami kegagalan pemberangkatan, bahkan beberapa diantaranya adalah pejabat daerah. Padahal, para jamaah sudah menyetor dana pada pemilik biro perjalanan haji.

Umumnya, jamaah enggan menempuh jalur reguler karena dianggap cukup lama (mencapai 20 tahun daftar tunggu haji), sehingga para jamaah memanfaatkan jalur ONH plus.  Di Sultra sendiri, hingga kini, ada sekitar 200 lebih travel atau biro   perjalanan haji yang melayani para jamaah melalui ONH Plus, salah saunya biro perjalanan yang milik Haji Jakri Nappu yang belakangan tersandung masalah tidak dapat memberangkatkan   jamaah haji.   (KO)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top