Connect with us

Baru Dikerja, Pengaspalan Jalan Sikeli- Tedubara Sudah Rusak

Uncategorized

Baru Dikerja, Pengaspalan Jalan Sikeli- Tedubara Sudah Rusak

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pengaspalan jalan di Kabupaten Bombana seolah tidak pupus dari kritik dan kontroversi. Konstruksi pengaspalan yang cepat rusak, memantik warga curiga warga bahwa ada sejumlah permainan.

Di Pulau Kabaena misalnya, Proyek pengaspalan jalan jalur Sikeli-Tedubara sudah rusak. Baru dikerja tahun 2014 lalu, poros yang hubungkan Kecamatan Kabaena Barat dan Kecamatan Kabaena Utara itu sudah terkupas.

Dinas PU Kabupaten Bombana, disebut sebut lemah dalam bentuk pengawasan. Apalagi, proyek senilai 5 Miliar lebih itu, kabarnya sudah dicairkan sekitar 95 persen.

Aziar, Aktivis Lembaga Pemantau Infrastruktur Pedesaan (LPIP) Bombana, menuding rusaknya jalan Sikeli-Tedubara itu, akibat konstruksi pengaspalan yang tidak memenuhi standar pekerjaan.

“Pekerjaan ini sangat aneh, baru dibikin tapi cepat rusak. Terjadi pergeseran struktur jalan begitu cepatnya. Ini mengindikasikan pekerjaan yang tidak beres,” tuturnya.

Aziar mengaku, kualitas pengaspalan diproyek ini, sangat jauh dari standar volume. ” Kelihatannya, aspalnya itu mudah terkupas. Kerikilnya cepat bergeser. Besar kemungkinan akibat kualitas material pelapis jalannya itu, kurang memenuhi standar di volume kontrak,” jelasnya.

Ia meminta kepada penegak hukum untuk segera menginvestigasi proyek-proyek yang bermasaalah atau cepat rusak di Kabupaten Bombana. “Ini harus dicermati. Harus ada tindakan berupa sanksi. Jika ini dibiarkan atau dianggap lumrah, maka bahaya bagi ketahanan atau kelangsungan infrastruktur di Bombana,” tukasnya.

Diketahui, Proyek pengaspalan jalan poros Sikeli-Tedubara, dimenangkan oleh PT. SIONTAPINA PUTRA, dengan Nilai Kontrak 5.028.400.000, dikerja tahun anggaran 2014, dengan Pengawas oleh CV. BUTON CIPTA NUSA CONSULTANT dengan nilai 124.520.000. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top