Connect with us

Barang Bukti Sabu Seberat 146 Gram Dimusnahkan

Hukum & Kriminal

Barang Bukti Sabu Seberat 146 Gram Dimusnahkan

Barang Bukti Sabu Seberat 146 Gram Dimusnahkan

SUARAKENDARI.COM-Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra memusnahkan ratusan gram barang bukti narkotika jenis Shabu, Kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan polisi dalam memerangi bahaya narkoba di Indonesia, khususnya di wilayah Sultra.

Disaksikan pihak Kejaksaan Negeri Kendari, BNNP Sultra, BPOM Sultra dan Dinas Kesehatan Kota Kendari serta Kuasa Hukum Tersangka dan Tersangka turut serta menyaksikan rangkaian pemusnahan barang haram tersebut, Selasa (18/4) di alun-alun RSUD Kota Kendari.

Terkait Barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil kerja keras penyidik jajaran reserse narkoba polda sultra dalam operasi pengggeladahan di atas kapal KM. Uki Raya 23 di pelabuhan penyebrangan Kota Kendari dengan tersangka inisial “MR dan YR. dihadapan tersangka dan kuasa hukumnya, Barang Bukti Narkotika jenis sabu sebanyak dua bungkus di musnahkan melalui tungku incenerator RSUD Kota Kendari.

Hasil uji Laboratorium Forensik Polri Cabang Makassar menyatakan, Barang bukti tersebut positif Narkotika mengandung Metamfetamine terdaftar dalam golongan 1 nomor urut 61 Lampiran Peraturan Mentri Kesehatan RI nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika di dalam lampiran UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam sambutan Direktur Reserse Narkoba Kombes Sumarto mengatakan, pemusnahan ini menunjukkan kebersamaan, komitmen dan tekat kepada semua pihak terkait dalam memberantas Narkoba, dan tidak henti-hentinya melakukan pencegahan dalam rangka pemberantasan narkoba. Kaitannya dalam hal ini, maka amanat undang undang, penyidik diberikan kewajiban untuk melakukan proses penyidikan tindak pidana bersama kriminal justice sistem mempunyai kewajiban untuk melakukan pemusnahan barang bukti sebagaimana yang di amanatkan dalam Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar mempunyai efek jera terhadap pelaku maupun kepada masyarakat bahwa wilayah kita sudah sedemikian rupa menjadi daerah pasar narkotika yang masuk dari daerah lain seperti yang akan di musnahkan ini dan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat Sultra. Oleh karena itu mari kita semua berkomitmen membantu pemerintah dalam mengurangi bahkan mentiadakan peredaran narkotika, sudah begitu banyak penyalah guna diwilayah kita sehingga kita harus berupaya secara maksimal melakukan upaya diantaranya upaya rehabilitasi,”paparnya.

Sunarto menambahkan, bahwa, barang bukti yang dimusnahkan ini secara keseluruhan seberat 146,5 gram terdiri dari dua bungkus dan untuk kaitannya dala proses penyidikan dan pembuktian dalam persidangan nanti sudah ada yang disisihkan dari masing-masing barang bukti tersebut. “Ini merupakan hasil sitaan atas penangkapan pada tanggal 2 April 2017 yang lalu yang telah mendapat penetapan dari kejaksaan dan paling lama tujuh hari untuk dimusnahkan barang bukti ini,”jelasnya.

” Saya berharap, buat kita semua untuk lebih berhati-hati terhadap bahaya penyalahgunaan dan perederan gelap narkoba, jadi semua pihak utnuk dapat memberikan informasi sekecil apupun kepada aparat untuk ditindak lanjuti dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba di wilayah Sultra ini,” tutup Sumarto. YJ

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top