Connect with us

Bantu Warga, Anggaran Jamkesda Didongkrak

Uncategorized

Bantu Warga, Anggaran Jamkesda Didongkrak

 

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM- Warga miskin di Kabupaten Bombana boleh sedikit legah. Tahun 2015, anggaran Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Gembira ditingkatkan menjadi 3 miliar.

Semula anggaran yang menjamin warga miskin berobat secara cuma-cuma di puskesmas maupun RSUD itu, sekira 2 Miliar. Namun memasuki tahun 2015 Pemda menambahkan alokasi menjadi 3 Miliar.

“Ada tambahan alokasi dana untuk Jamkesda Gembira Bombana sebanyak 1 miliar ditahun ini. Jadi total anggaran 2015  jadi 3 miliar,” tutur dr. Sunandar, Kadis Kesehatan kabupaten Bombana.

Menurutnya, penambah anggaran akibat banyaknya antusias masyarakat yang berobat menggunakan kartu jamkesda gembira di Kabupaten Bombana. “Jaminan ini sangat fleksibel, sehingga warga Bombana banyak yang antusias berobat menggunakan kartu Jamkesda gembira,”  ujar Sunandar.

Mantan Dirut RSUD Bombana ini menjelaskan tiap warga yang berobat dan menunjukan identitasnya sebagai warga Bombana langsung dilayani.

“Ini bentuk perhatian Pemda kepada warganya. Bahkan biar warga belum punya KTP tetap dilayani, asalkan bisa mengurus kartu domisili dari Desa atau Kelurahan atau kartu keluarga,” pungkas Sunandar.

Jamkesda Gembira, lanjut Sunandar merupakan salah satu program unggulan Tafdil-Mashura di Bidang kesehatan. Mulai dicanangkan sejak 2012 lalu, guna membantu warga kurang mampu yang hendak berobat di puskesmas atau RSUD Bombana.

Kata Sunandar, sengaja pengurusan maupun penggunaan kartu ini diperlunak dengan asumsi untuk membantu warga Bombana yang sementara sakit dan hendak berobat. DAR

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top