Bambang Soelistyo : Indonesia Market Bencana

0

SUARAKENDARI.COM, Kepala Basarnas, Bambang Soelistyo mengatakan bahwa Indonesia merupakan “Market” bencana. Hal tersebut dikatakannya saat berkunjung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (6/11/2015).

“Indonesia itu marketnya bencanya,” katanya.

Saat dikonfirmasi perihal pernyataannya tersebut, ia menilai ada beberapa indikator sehingga Indonesia menjadi market bencana. Pasalnya, berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia hampir dikatakan komplit.

“Indikatornya selama ini bencana yang terjadi di Indonesia itu lengkap, masalah tanah longsor, kecelakaan di perairan, pesawat, gunung berapi, tsunai dan banjir, semua itu kita temukan di Indonesia,” katanya.

Namun demikian, meskipun dikatakan sebagai market bencana, namun bukan berarti hal itu membuat ketakutan tersendiri, justru apa yang terjadi tersebut akan dijadikan sebagai sebuah referensi untuk selalu sigap.

“Dengan adanya istilah market bencana ini akan memberikan kita semangat untuk semua bukan hanya potensi SAR saja, menikmati nilai lebihnya dan menyiapkan diri jika terjadi aspek kecelakaan atau bencana,” ujarnya.

Untuk itu, ditekankannya kepada seluruh masyarakat agar selalu memiliki keberanian atau pemahaman bagaimana bisa mempersiapkan jika saja ada bencana yang tiba-tiba terjadi di depan mata. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.