Bakal Ada Paslon yang Gugur

SUARAKENDARI.COM – Tiga hari ke depan (24/8), KPU Sulawesi Tenggara akan mengumumkan siapa saja pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang dinyatakan lolos dan tidak. Dipastikan, dari 23 pasangan tersebut akan ada yang gugur karena tidak bisa memenuhi syarat wajib dari pencalonannya.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, saat ditemui di Kendari, Rabu (19/8) menyampaikan, hal itu bisa saja terjadi jika kekurangan dari syarat pencalonan dari masing-masing pasangan calon tidak dapat dipenuhi.

“Sepanjang masa perbaikan kemarin, mereka sudah diminta agar diperbaiki syarat pencalonannya. Tetapi, jika masih saja ada syarat-syarat wajib tidak dapat dipenuhi, maka bisa saja mereka dianggap tidak memenuhi syarat, dan tidak akan di loloskan,” jelasnya.

Jika ada yang bermain-main dengan cara menunda baik surat pengunduran diri dari masing-masing calon ini, dirinya mengatakan, jika berhubungan dengan otoritas lembaga lain, seperti kasus di Kabupaten Muna, tidak diketahui siapa yang lalai.

“Lagian juga otoritas Pengadilan Raha tidak mau mengeluarkan surat tidak mempunyai tanggungan hutang. Tapi terkait dengan masalah tersebut, KPU tinggal meminta kepada KPU RI, seperti apa nanti solusi yang akan diberikan, agar bisa meyakinkan lembaga-lembaga dan memberi akses yang lebih mudah terhadap hak politik setiap warga negara,” katanya.

Untuk masalah syarat pencalonan dari pasangan bakal calon Rusma Emba-Abdul Malik Ditu, hari ini (Rabu 19/8) KPU Sultra telah melakukan koordinasi dengan KPU RI. Hasilnya, akan diberikan kepada KPU Muna untuk ditindaklanjuti. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *