Connect with us

Ayo Ikut Workshop Jurnalistik Kehutanan Asia Tenggara

Suara Pendidikan

Ayo Ikut Workshop Jurnalistik Kehutanan Asia Tenggara

JAKARTA, SUARAKENDARI.Com-The Center for International Forestry Research ( CIFOR ), sebuah lembaga penelitian kehutanan global terkemuka membuka kesempatan bagi jurnalis yang berada dalam karir menengah di Asia Tenggara untuk mengikuti lokakarya bertemakan  ” Peliputan Hutan di Asia Tenggara “. Lokakarya memberikan kesempatan langka bagi wartawan untuk mempelajari secara mendalam ilmu kehutanan melalui pengalaman dari lapangan hingga ke meja perundingan.

Lokakarya akan diadakan di kantor pusat CIFOR HQ Bogor, dari 30 April – 4 Mei Januari 2014 dan kemudian peserta akan mengikuti “Forest Asia Summit” selama dua hari (5 – 6 Mei 2014). Program ini akan memberikan kesempatan wartawan untuk melakukan wawancara face to face dengan ilmuwan terkemuka, pembuat kebijakan dan komunikator sains untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai isu yang mempengaruhi hutan dan orang-orang di Asia Tenggara seperti hutan pantai, ketahanan pangan, pembalakan liar, perdagangan kayu, mata pencaharian dan perubahan iklim .

Jika anda seorang jurnalis dan ingin mendaftar, silahkan mengisi biodata lengkap disini.

Program ini juga akan mencakup seminar tentang bagaimana kisah manusia dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan, membuat laporan tentang sain yang dipolitisai, memahami makalah penelitian, tren media sosial masa depan dan memahami statistik.

Peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang metode penelitian ilmu kehutanan, mengolah sumber daya ilmiah dan mempertajam keterampilan pelaporan mereka melalui metode pengajaran yang inovatif dan kunjungan lapangan. Peserta diharapkan setelah kembali ke tempat masing-masing membawa puluhan ide cerita yang bisa dituliskan.

Jurnalis yang ingin kegiatan ini harus mendapat dukungan dari organisasi media tempat mereka bekerja, dengan gagasan bahwa laporan yang mereka hasilkan dari pertemuan akan diterbitkan di media masing-masing.

Kepada peserta akan diberikan akomodasi, biaya transportasi, makanan, biaya kuliah dan dukungan perjalanan.

Jurnalis yang bisa ikut lokakarya ini adalah jurnalis yang bekerja di media cetak, radio, TV atau media online dengan minimal 2 tahun pengalaman kerja, tinggal di salah satu negara anggota ASEAN dan tertarik pada masalah hutan.

Berminat? Kirim segera aplikasi ke Michelle Kovacevic di m.kovacevic@cgiar.org dengan deadline, Senin 3 Maret 2014.[]

Sumber: cifor.org

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top