Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa ?

SUARAKENDARI.COM-Dalam berpuasan hal yang tidak bisa dihindari kaum muslimin adalah menelan ludah. Lantas dapatkah Ludah membatalkan puasa?

Ustaz Mohammad Rois dari Pesantren Daarut Taubah Harapan Jaya menjelaskan, bahwa tidak ada ayat tentang hukum menelan ludah saat berpuasa. Namun karena produksi ludah tidak dapat dihindarkan maka menelan ludah tidak akan membatalkan puasa.

Hal ini sesuai dengan firman Allah di surah Al-Baqarah ayat 185 yang menyebut Allah tidak menghendaki kesukaran bagi manusia,”Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”.

Anggapan dibolehkannya menelan ludah saat berpuasa juga diperkuat dengan dalil dari
Ibnu Al-Qudamah dalam Al-Mugni “Apa yang tidak mungkin menjaga diri darinya misalnya menelan ludah maka tidak membatalkan puasa, karena menjaga hal ini bisa memberatkan”

Kendati demikian jika yang keluar berupa dahak ada baiknya segera dikeluarkan atau dibuang.

Menelan ludah lanjut Ustad Roiz, bagi yang berpuasa tidak membatalkan, baik sedikit maupun banyak walau hal itu sering dilakukan, baik saat ada di masjid dan tempat-tempat lain. “Lain halnya dengan dahak yang kental, maka hal itu sebaiknya keluarkan dan diludahkan di saputangan atau sejenisnya (tisu) jika ia sedang di dalam masjid,”kata Ustaz Rois.SK/Mdk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *