Connect with us

Apa Kabar Bus Trans Lulo ?

Metro

Apa Kabar Bus Trans Lulo ?

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Awal tahun 2014  bus Trans Lulo yang merupakan alat transportasi baru di Kota Kendari ramai diperbincangkan karena kehadirannya diyakini akan diminati publik. Bahkan pemkot Kendari telah membangun halte pemberhentian bus di sepanjang jalan baypass Kendari.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Sjarif Sajang, kepada sejumlah rekan media beberapa waktu lalu mengaku  pengoperasian bus Trans Lulo untuk melayani beberapa rute yang tidak dilalui oleh kendaraan umum, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses beberapa tempat.

“Kami sudah mengupayakan agar bus Trans Lulo sudah bisa mulai operasi Januari ini, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses beberapa tempat seperti Rumah Sakit Abunawas yang selama ini tidak dilalui angkutan umum,” terangnya.

Sebagai langkah awal, pihak pemerintah menyiapkan dua unit bus Trans Lulo yang akan melayani kebutuhan masyarakat dengan kapasitas bisa mencapai hingga 60 orang.

Rencananya, bus tersebut juga hanya akan menurunkan dan menaikkan penumpang pada beberapa halte yang sudah dirancang, sehingga penumpang yang ada di Kota Kendari tidak seenaknya.

“Salah satu tujuan kami mengoperasikan bus ini untuk mendidik masyarakat agar bisa lebih teratur, sehingga kami mendidik penumpang jangan naik dan turun sembarangan karena sudah ada halte yang kami siapkan,” ujarnya.

Target pemerintah menyiapkan sekitar 29 halte di beberapa titik yang sudah menjadi tempat untuk diberhentikannya dan dinaikkannya penumpang. Hanya saja, saat ini masih tersedia sekitar 12 halte, menunggu halte lainnya yang masih dalam tahap penyelesaian.

Sementara itu, jadwal keberangkatan bus Trans Lulo juga telah diatur, mulai dari pukul 06.30 sampai pukul 17.00.

“Agak pagi sekitar pukul 06.30, sehingga bisa melayani pelajar/mahasiswa, orang kantoran dan ibu-ibu yang ingin ke pasar di pagi hari, untuk jadwal keberangkatan terakhirnya kami tutup pukul 17.00, kami lihat dulu tingkat penerimaan masyarakat,” kata Sjarif.

Untuk ruternya sendiri, bus Trans Lulo akan melintas mulai dari Kota Lama, By Pass, Pasar PKL, Rumah Sakit Abunawas dan Kantor Gubernur.

Sjarif juga menambahkan dua unit bus yang saat ini dimiliki pemerintah merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan satu unitnya merupakan pengadaan dari Dishub sendiri.

“Kita lihat dulu penerimaan masyarakat kedepannya kalau memang memungkinkan, rencananya akan kami tambah lagi dua unit,” tambahnya.

Sayangnya, belum setahun beroperasi nasib bus Trans Lulo seolah lenyap dari pandangan warga. Lantas kemana saja armada  bus trans lulo? (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top