Connect with us

Antisipasi Penyebaran Antraks, RPH akan Disterilkan

sapi kurban

Bisnis

Antisipasi Penyebaran Antraks, RPH akan Disterilkan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Mengantisipasi penyebaran penyakit antraks pada hewan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan mensterilkan Rumah Potong Hewan demi memastikan hewan yang dipotong aman dikonsumsi warga. Pemerintah juga meminta agar para pedagang ternak untuk terus berkoordinasi demi menjaga keamanan kesehatan masyarakat konsumen.

UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan Masyarakat Veteriner Sultra mengingatkan potensi penyebaran antraks di Sulawesi Tenggara masih sangat besar kemungkinannya, sebab virus ini bisa bertahan hidup dalam bentuk spora selama 120 tahun. Apalagi kasus terakhir wabah antraks di Sultra baru berjalan 29 tahun. “Jadi kemungkinan spora yang hidup di alam ini tidak sengaja dikonsumsi hewan ternak,”demikian Ir Muhammad Nursyamsi, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan Masyarakat Veteriner Sultra.

Untuk mengantispasi penyebaran, diperlukan dukungan semua pihak, dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak secara teratur, tidak hanya di tingkat peternak, tetapi juga pedagang dan rumah potong hewan.

Adapun ciri-ciri ternak yang terkena antraks biasanya mengeluarkan darah lewat hidung dan mulut, sehingga ketika ditemukan mati, darah yang keluar cukup banyak. Warga diminta untuk tidak mengkonsumsi hewan ternak yang memiliki ciri-ciri tersebut. KPS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top