Connect with us

Angkutan “Gelap” Berkeliaran di Trayek Bombana-Kendari

Bisnis

Angkutan “Gelap” Berkeliaran di Trayek Bombana-Kendari

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Sejumlah sopir penumpang umum trayek Bombana-Kendari Sulawesi Tenggara mengeluhkan hadirnya mobil plat hitam yang mengangkut penumpang umum di wililayah rute Bombana-Kendari.

Mobil Plat hitam atau mobil pribadi tersebut, seolah tak ragu mengambil penumpang layaknya angkutan umumdi terminal Kasipute kabupaten Bombana dan terminal Baruga Kota Kendari.

Aktivitas ini praktis memicu protes para sopir angkutan umum Bombana-Kendari. Rahman salah satu sopir mengaku pendapatan berkurang, angkutan umum dan penumpang jadi tidak teratur.

“pendapatan kami otomatisberkurang, apalagi penumpang amat sepi. Ini yang membuat kali gusar. Sebab untuk akomodir angkutan umum saja, sangat tidak cukup. Kasian kami, banyak mobil terpaksa lari kosong. Di kondisi yang sulit ini, kami diperhadapkan pula dengan hadirnya sejumlah mobil pribadi yang ikut menyabet penumpang umum,” kesal Rahman.

Dirinya menyayangkan sikap aparat kepolisian dan dinas perhubungan seakan tutup mata amati persoalan ini. “Harus ada pemerintah dan
kepolisian untuk atasi persoalan ini. Sebab mobil pribadi yang ambil penumpang itu sangat banyak dan silih berganti. Kami juga heran kenapa bisa begini, lalau kemana pemerintah dan aparat kepolisian,’ tandas Rahman.

Menurutnya, mengangut penumpang umum tidak masalah, asalkan mobilnya harus jelas. “tidak masalah jika ambil penumpang, tapi harus jelas dulu mobilnya, angkutan umum atau pribadi. Jangan kaya karu-karuan begini,” herannya.

Lebih ironinya, kata Rahman, aktivitas Plat hitam ini seolah berjalan tanpa hambatan. Padahal diketahui, disejumlah terminal baik di Bombana maupun di kendari dilengkapi pegawai dari dinas perhubungan. Tak Cuma itu, trayek ini melewati pos polentas di tiga wilayah hokum, yakni Bombana, konsel dan kota kendari. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top