Connect with us

Anggota DPRD Sultra Dukung Pembentukan KIP

Pilkada

Anggota DPRD Sultra Dukung Pembentukan KIP

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Suwandi SSos, Anggota Komisi 1 DPRD Sultra mendukung percepatan pembentukan Komisi Informasi Publik (KIP) Daerah. Langkah dukungan Suwandi ini diberikan sebagai wujud tanggung jawab dirinya sebagai wakil rakyat.

“Sebagai salah satu elemen masyarakat maka saya sangat mendukung terbentuknya komisi informasi publik di Sultra,”ujarnya di hadapan peserta diskusi publik bertema mendorong pembentukan KIP Sultra yang digagas LSM Puspaham Sultra, Kamis (19/3).

Bagi pria yang akrab disapa La Bula ini, pembentukan KIP sesuatu yang urgen dan wajib dilakukan pemerintah daerah, selain karena amanah UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik juga sebagai wujud menciptakan clean goverment di daerah ini. “Kalo selamaa ini akses untuk memperoleh terkesan tertutup, maka sudah saatnya lembaga publik membuka diri, salah satunya membentuk komisi informasi daerah,”kata Suwandi.

Dalam kesempatan itu, Suwandi juga berkomitmen mengawal gagasan ini ke DPRD termasuk bagaimana mengawal advokasi anggaran. “Saya berharap gagasan pembentukan ini terwujud tahun ini,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, pemerintah daerah Sultra yang diwakili Kepala Biro Humas Provinsi Sultra, Kusnadi, mengaku mendukung langkah yang sama agar ada percepatan pembentukan komisi informasi daerah.

“Saya sangat mendukung langkah teman-teman khususnya di elemen masyarakat sipil yang sudah mendorong pembentukan komisi informasi daerah, sebab ini sudah menjadi keharusan atau kewajiban bagi pemerintah sebagai amanah undang-undang,”kata Kusnadi.

Baginya, gagasan pembentukan komisi informasi tak sekedar jadi bahan diskusi, melainkan sudah harus diwujudkan dalam bentuk action bersama, untuk melangkah ke hal teknis, seperti membahas persiapan tahapan seleksi. “Saya berharap kita sudah harus bisa action dengan mempersiapkan tahapan yang diperlukan guna percepatan pembentukan komisi,”tantangnya. YOS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top