Aneka Tanaman Ini Ampuh Cegah Penyakit

SUARAKENDARI.COM-Kesehatan menjadi sangat vital, tak sedikit orang memanfaatkan tanaman sebagai media pengobatan alternatif. Ya, hal ini tak lepas dari banyaknya tanaman yang mampu meningkatkan imunitas tubuh agar tetap kuat dan sehat, sebagaimana diungkapkan salah satu dokter naturopati di Hippocrates Health Institute, Brian Hetrich. Berikut beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Daun kemangi

Kita biasa mengenal daun yang satu ini sebagai lalapan. Dibalik citarasanya yang segar daun kemangi bersifat antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan. Juga mengandung beta karoten dan magenesium yang mampu melindungi sel tubuh terhadap sejumlah penyakit seperti jantung, asma, ostearthrtis, rematik, dan penyakit radang usus. Bagi Anda yang sakit kepala coba kunyah daun kemangi. Komponen kemangi bernama euganol terbukti bekerja seperti aspirin untuk mengatasi sakit kepala.

Asparagus

Asparagus, sayuran hijau dengan rasa unik yang kaya manfaat. Sayuran yang biasa diolah menjadi sup ini kandungannya sangat baik untuk membuang racun di tubuh termasuk menyingkirkan karsinogen dan radikal bebas. Serta mampu melawan dan mencegah masalah kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.  Asparagus juga kaya Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, folat, kalsium, mangan, selenium, dan zat besi.

Mint

Daun beraroma segar ini bisa lawan prostat dan kanker lever karena adanya senyawa peryllyl alcohol serta karotenoid dan retinoid menurut dua studi di tahun 2012.  Senyawa lainnya yang tak kalah penuh manfaat seperti asam rosmarinic mampu menurunkan dampak radikal bebas dan menurunkan peradangan. Salah satu manfaat yang paling terasa yakni mampu membuat sistem pencernaan jadi lancar, menurut penelitian di tahun 2010.

Bawang putih

Selain jengkol kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobati kanker.
Mungkin Anda sudah tahu bahwa bawang memiliki manfaat antibakteri, antimikroba, antijamur dan mengurangi peradangan. Berbagai studi menunjukkan bawang putih dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker prostat, dan osteoartritis dan membantu menghancurkan sel-sel kanker tertentu. (sumber: Prevention)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *