Connect with us

Anak “Pungut” Boleh Diaktakan

Uncategorized

Anak “Pungut” Boleh Diaktakan

BOMBANA-Penerbitan akta kelahiran di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk capil) mulai dipermudah. Di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara misalnya, Anak angkat atau anak yang tidak diketahui asal usulnya, boleh dibuatkan akta kelahiran.

Sekretaris Disduk Capil Bombana, Awaluddin Mandaeng menjelaskan lahirnya produk Undang-Undang nomor 24 tahun 2013, melunakkan pengurusan akta kelahiran bagi masyarakat.

Kemudahan ini berbanding terbalik dengan sebelumnya. “Dulu beda, jangankan anak angkat. Anak kandung sendiri, bila melebihi batas setahun belum dibuatkan aktanya, itu harus lewat rekomendasi pengadilan,” tandasnya.

Namun kini, cukup dengan keputusan kepala dinas (kadisdukcapil), akta kelahiran bisa diproses. Kebijakan lain dari produk undang-undang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang baru itu antara lain kemudahan penerbitan dari tempat kejadian menjadi tempat domisili.

“Dulu itu, kebanyakan urus pencatatan sipil itu, harus di tempat asal (daerah)dimana kita lahir. Sekarang diganti di tempat kita menetap atau berdomisili. Jadi masyarakat dipermudah, tak perlu lagi susah susah pulang, tapi urus saja dimana menetap sekarang,” jelasnya.

Terkait kepengurusan akta kelahiran anak, Awaluddin menjelaskan, ada tiga status hukum dalam penerbitan akta kelahiran. “Pertama itu, pasangan suami istri sah atau menunjukan akta pernikahannya, lalu anak dari pasangan pernikahan siri, serta anak pungut atau anak angkat,” ujarnya.

Ketiga status itu, dapat diproses akta kelahiran anaknya di disdukcapil. “Silahkan masyarakat datang didisduk capil, kami siap membantu pemprosesan akta kelahiran anak tersebut,” tutupnya. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top