Connect with us

Amankan Perairan Kolut, Polres Butuh Satu Regu Pol Air

Uncategorized

Amankan Perairan Kolut, Polres Butuh Satu Regu Pol Air

KOLAKA UTARA, SUARAKENDARI.COM- Kapolres Kolaka Utara, AKBP La Ode Areis Elfatar mengatakan demi mengamankan perairan Kolaka Utara, pihaknya membutuhkan satu regu Polisi Air. Hal ini diungkapkan lewat pesan singkatnya kepada awak media Suara Kendari. Menurutnya untuk diwilayah Kolaka Utara memang sudah seharusnya ada satuan khusus yang mengamankan perairan. Terlbih lagi aksi illegal fishing kerap terjadi disejumlah daerah yang ada di Kolaka.

 “Jadi saat ini yang ada hanya POS Pol Air Dit Polairud Polda Sultra. Kalau secara langsung kita belum punya, tapi kalau pun nanti kita diberikan maka satu regu saya rasa cukuplah. Satu regu itu ada 10 orang. Kalau khusus aksi illegal fishing menurut saya tidak marak, tapi kalau ada memang iya. Tahun lalu Pol Air menangkap lima orang pelaku illegal fishing. Tahun ini kita masih lidik,” kata Kapolres Kolut, AKBP La Ode Aries El Fatar.

Dirinya pun menegaskan untuk memberantas masalah illegal fishing pihaknya tidak akan pandang bulu, sekalipun itu adalah oknum-oknum tertentu. “Memang sudah tugas dan tanggung jawab Polisi untuk memberantas semua potensi maupun gangguan yang sudah nyata, termasuk bom ikan. Apalagi Bupati sudah menyinggung hal tersebut dan ini amanah yang harus dijalankan,” tegasnya.

Secara terpisah, salah satu sumber yang namanya enggan disebutkan mengatakan bahwa memang aksi pengeboman ikan di Kolaka Utara sudah marak terjadi. Bahkan oknum-oknum tertentu berada dibalik aksi tersebut. “Itu memang ada orang-orang besar dibelakangnya. Seperti Polisi dan oknum TNI. Katanya dua oknum TNI usdah diamankan di Korem Kendari karena jadi beking pengebom ikan. Tapi ada juga oknum Polisi,” cetus sumber yang identitasnya minta dirahasiakan.

Sebelumnya, Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud menyangkan aksi illegal fishing didaerahnya. Sebab dengan maraknya penangkapan ikan yang menggunakan bom maka secara langsung merusak terumbu karang yang ada. Hal ini adalah awal dari rusaknya pariwisata bahari Kabupaten tersebut. Dia pun sempat meminta kepada Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Arkian Lubis untuk mnempatkan Polisi Air secara persuasive lagi dalam hal pengawasan perairan. ABDI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top