Connect with us

Aktifis Ruruhi Project Lepas Penyu di Laut Namu

Daerah

Aktifis Ruruhi Project Lepas Penyu di Laut Namu

Aktifis Ruruhi Project Lepas Penyu di Laut Namu

Aktifitas pelepasan seekor penyu di perairan laut Desa Wisata Namu oleh penggiat Ruruhi Project. foto: Alank

Suarakendari.com-Sejumlah aktifis dari komunitas  Ruruhi Project, organisasi penggiat desa wisata melepas seekor penyu sisik ke perairan laut Desa Wisata Namu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi SUlawesi Tenggara, Minggu (5/3/2017). Aksi ini sebagai bagian dari upaya penyelamatan, setelah penyu malang tersebut sempat ditangkap seorang nelayan desa setempat yang membawanya ke pantai dalam kondisi sekarat.

Tim Ruruhi Project kemudian meminta kepada nelayan tersebut agar bersedia melepas kembali penyu  ke habitatnya di perairan lau Namu. “Alhamdulillah nelayan bersedia melepas kembali penyu tersebut. Hanya saja, saat kami temukan kondisi penyu dalam kondisi sekarat akibat terppas sinar matahari di perahu nelayan. Tangan bagian kiri penyu sudah tidak bergerak, kemungkinan patah saat ditangkap,”kata Darvi, salah satu aktifis Ruruhi Project.

Hasil interview dengan nelayan, bahwa, penyu dibawa ke pantai karena terjerat jaring nelayan saat mencari ikan. Ketidakpahaman warga atas hewan dilindungi juga menjadi faktor maraknya penangkapan penyu di sepanjang perairan Laonti.

Seperti diketahui, perairan Laonti menjadi salah satu perlintasan penyu yang melakukan migrasi dari wilayah perairan Buton untuk mencari lokasi bertelur, sehingga dibutuhkan perhatian dari banyak pihak untuk melakukan perlindungan hewan dilindungi di kawasan tersebut.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top