Aksi Oknum PNS Bantai Beruang Madu, Dihujat Nitizen hingga Dilapor ke Polisi

Suarakendari.com-Aksi pembantaian satwa dilindungi seolah tak ada habisnya dan ironisnya para pelaku mengunggahnya ke media sosial. Inilah yang dilakukan pemilik akun facebook Ronal Cristoper Ronal yang mengunggah hasil buruannya berupa satwa yang dilindungi Beruang Madu Kalimantan (Helarctos malayanus).

Kontan saja aksi, Ronal Cristopel Ronal yang diduga bekerja sebagai PNS di kantor Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur menuai kecaman dari para nitizen, terutama ya ng tergabung dalam group lingkungan dan pencinta alam.

Dengan cepat foto yang diunggah pelaku langsung diupload secara berantai dibagikan ke semua group dan alhasil kecaman dari para nitizen dilayangkan pada pelaku. Beberapa nitizen nampak meminta aparat kepolisian untuk segera menangkap pelaku karena dianggap telah dengan sengaja membantai satwa beruang madu yang dilindungi.

Dalam aturan tentang perlindungan satwa, Beruang madu merupakan satwa dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Beruang madu telah terdaftar dalam Appendix I of the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) sejak tahun 1979 yang menyatakan bahwa mereka tidak boleh diburu oleh siapapun.

Respon terhadap aksi tak terpuji Ronal Cristopel Ronal menuai reaksi keras dari kelompok pencinta satwa. Seperti disampaikan Investigator senior Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group, Marison Guciano, yang dengan tegas akan melaporkan Ronal hari ini Jumat (26/9). “Kami akan melaporkan ke polisi karena yang bersangkutan melanggar undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp. 100.000.000,-. Selain itu, Ronal juga melanggar undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,”tegas Marison sebagaimana dilansir merdeka.com.

Menurutnya, harus ada tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan terhadap satwa liar yang dilindungi dan harus diproses hukum.

Beruang madu merupakan satwa yang aktif di malam hari atau disebut juga dengan makhluk nokturnal, mereka menghabiskan waktu di tanah dan memanjat pepohonan untuk mencari makanan.

Beruang madu adalah binatang omnivora, Mereka memakan buah-buahan dan tanaman hutan hujan tropis, termasuk juga tunas tanaman jenis palem, kelapa. Mereka juga memakan serangga, madu, burung, dan binatang kecil lainnya.

Beruang madu mempunyai peran yang sangat penting sebagai penyebar tumbuhan buah berbiji besar seperti cempedak, durian, lahung, kerantungan dan banyak jenis lainnya.SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *