Connect with us

Akhirnya, Mantan Sekda Bombana Dibui

Uncategorized

Akhirnya, Mantan Sekda Bombana Dibui

KENDARI, SUARAKENDARI. com –Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra),akhirnya mengeksekusi mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Rustam Supendy, Jumat (8/8/2014) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kendari.

Eksekusi itu menyusul terbitnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak permohonana kasasi yang diajukan pejabat daerah tersebut.

Rustam divonis bermasalah oleh MA karena terlibat dalam kasus korupsi dana pos bantuan yang merugikan negara sekitar Rp 1,2 miliar pada anggaran tahun 2008-2009 silam. Saat itu, Rustam menjadi pejabat sekda sementara, karena sekda kala itu Idrus Effendy Kube ditahan Pengadilan Negeri Baubau lantaran kasus korupsi.

” Iya benar mantan sekda Bombana pak Rustam sudah dibawa ke lapas Kendari mi tadi pagi sekitar pukul 09.00 wita. Pelaksanaan eksekusi dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Baubau bersama empat jaksa lainnya,” kata Tajuddin, kepala seksi penerangan dan hubungan masyarakat Kejati Sultra, dikonfirmasi di kantornya, Jumat (8/8/2014).

Terpidana korupsi itu, lanjutnya dijemput di kediamannya di Kendari pagi tadi. “ Saat pelaksaan eksekusi, mantan Sekda Bombana cukup kooperatif dan tidak ada perlawanan. Beliau langsung dibawa ke Lapas oleh tim eksekutor dari Kejari Baubau, selanjutnya diregistrasi oleh putugas lapas Kendari,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, mantan sekda Bombana segera dieksekusi setelah turunnya surat putusan MA, namun karena pertimbangan kemanusian saat itu menjelang hari raya idul fitri, maka Kejati melaksanakan eksekusi setelah Lebaran.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Andi Abdul Karim saat itu mengatakan, kasus indikasi korupsi yang dilakukan Rustam Supendy terbukti mulai dari hasil audit BPK RI perwakilan Sultra. Sebab dalam penanganan pos bantuan, pihak BPK menyebutkan yang bersangkutan telah menyebabkan kerugian negara.

Sebagaimana putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari, Rustam Supendi dinilai terbukti melakukan korupsi keuangan daerah dan penyalahgunaan wewenang. Pengadilan menjatuhkan vonis penjara selama satu tahun. Rustam Supendi juga diwajibkan membayar denda Rp 20 juta atau dapat diganti dengan kurungan penjara dua bulan. KIKI

Continue Reading
You may also like...

More in Uncategorized

To Top