Connect with us

Akademisi UHO Kaji Pemekaran Pakue Raya

Akademisi UHO Kaji Pemekaran Pakue Raya

Daerah

Akademisi UHO Kaji Pemekaran Pakue Raya

KOLAKA UTARA, SUARAKENDARI.COM- Satu lagi daerah yang ada di Sulawesi Tenggara belakangan ini santer diperbincangan akan menjadi daerah otonom baru (DOB). Daerah tersebut adalah sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara. Diantaranya Pakue, Batu Putih dan Porehu.

Beberapa waktu yang lalu, sejumlah Akademisi UHO Kendari pun telah melakukan kajian terkait DOB itu bersama DPRD Kolaka Utara. Terlebih lagi isyu DOB tersebut juga tengah mendapat restu dari Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud.

Berdasarkan hasil kajian tersebut memang mengeluarkan hasil kelayakan akan dimekarkan. Maka nama Kabupaten Pakue Raya pun akan tercatat sebagai DOB baru di Sulawesi Tenggara, jika hal itu mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

Info yang didapatkan bahwa dasar dari layaknya dibentuk Kabupaten Pakue Raya diantaranya sejumlah Kecamatan di wilayah Pakue memiliki jarak yang jauh dari Lasusua sebagai ibu kota Kabupaten Kolaka Utara. Selain itu, potensi perkembangan penduduk yang kian banyak juga menjadi prioritas utama pertimbangan.

“Potensi sumber daya alam yang ada didaerah Pakue dan sekitarnya memang menjadi potensi daerah ini bisa di mekarkan. Bahkan letak geografisnya juga sangat strategi. Dalam kajian juga terdapat sejumlah nama yang layak jadi ibu kota Pakue Raya, contohnya Pakue Utara dan Batu Putih,” kata Sabar Ginting, salah satu tim Akademisi UHO Kendari. (Ab)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top