Connect with us

AJI Kendari Kecam Tindakan Kekerasan terhadap Jurnalis di Makassar

Hukum & Kriminal

AJI Kendari Kecam Tindakan Kekerasan terhadap Jurnalis di Makassar

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota  Kendari mengecam segala bentuk aksi brutal polisi terhadap para jurnalis yang tengah melakukan peliputan aksi demonstrasi mahasiswa menolak kenaikan harga BBM di kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi korban aksi brutal Polisi, Kamis (13/11). Beberapa orang jurnalis terluka dalam perisitiwa itu.

Berdasarkan informasi dari rekan-rekan AJI di Makassar, mereka yang menjadi korban yakni Waldy dari Metro TV, mengalami luka robek dan pendarahan di bagian kepala kiri depan. Ia terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan serius.

Enam wartawan lainnya masing-masing Iqbal Lubis (Koran Tempo), Ikrar Assegaf (Celebes TV), Asep (Rakyat Sulsel), Zulkarnain “Aco” (TV One), Rifki (Celebes Online), serta Fadly (media online kampus). Mereka mendapatkan penganiayaan dengan cara ditendang, ditinju, dijambak. Selain itu, peralatan kerja jurnalistik mereka juga dirampas, disita dan dirusak. Jurnalis Koran Tempo, Iqbal, kameranya dirampas dan kartu memori dibawa kabur oleh seorang oknum anggota brimob.

Aksi brutal polisi tersebut tentu saja tidak sesuai dengan prosedur. Mestinya polisi bertugas mengamankan jalannya aksi mahasiswa dan melindungi para jurnalis. Tapi fakta yang terjadi adalah sebaliknya. Polisi justru melakukan tindakan intimidasi dan tindakan kekerasan.

Tindakan menghalang-halangi, mengancam, dan melakukan kekerasan terhadap jurnalis saat melakukan tugas peliputan jelas telah melanggar Undang-Undang no 40 tahun 1999 tentang Pers. Karenanya para pelaku harus diadili dan di hukum.

“Semua warga negara mendapat perlakuan hukum yang sama tanpa pandang bulu termasuk polisi. Untuk itu AJI Kendari mendesak kepolisian untuk segera mengusut dan manangkap para pelaku  dan mendesak Kapolri untuk melakukan evaluasi terhadap Kapolda Sulawesi Selatan dan Kapolrestabes Makassar,tegas Zainal A. Ishaq, Ketua AJI Kendari. LINA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top