AJI Kendari Gelar Training Jurnalistik Lingkungan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari, Sabtu (18/4), kembali menggelar training dan fellowship jurnalistik lingkungan bagi wartawan se Sultra.

Kegiatan yang diikuti sekitar 20 wartawan dari berbagai media massa lokal di enam kabupaten/kota dipandu oleh para pemateri yang kompeten di bidangnya, diantaranya Direktur LSM Komnasdesa-Sultra, Imanche Al Rachman dan Harry Surjadi mantan Wartawan Harian Kompas.
Dalam paparannya, Imanche Al Rachman mengupas seputar kondisi lingkungan dan politik sumber daya alam di Indonesia dan Sulawesi Tenggara. Serta pentingnya peran masyarakat sipil seperti LSM dan wartawan mengawal advokasi komunikasi lingkungan sebagai upaya menyelamatkan lingkungan dari eksploitasi yang berlebihan. “Perlu senergi yang strategis dari masyarakat sipil mengawal isu-isu lingkungan mengingat kondisi lingkungan kita yang kian terdegradasi,”katanya.
Sementara Harry Surjadi menekankan kemauan dan independensi yang kuat dari para jurnalis untuk terus menyuarakan isu-isu lingkungan di tempat mereka bekerja dalam rangka mengkampanyekan masalah lingkungan secara luas dan berkelanjutan melalui pipa informasi. yos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *