Connect with us

AJI Kendari Gelar FGD Lingkungan

Suara Lingkungan

AJI Kendari Gelar FGD Lingkungan

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari menggelar fokus group diskusi (FGD) terkait isu lingkungan terkini di Sultra.

Kegitan FGD yang menghadirkan para petinggi media massa, akademisi dan para jurnalis se kota kendari ini mengangkat tema “komitmen media massa menggali dan mengangkat isu lingkungan” di salah satu hotel di Kendari.

Dalam FGD terungkap sejumlah problem kenapa media massa kurang mengangkat masalah-masalah secara mendalam dan hanya mengangkat problem secara dangkal dan tidak konfrehensip.

“Kita harap isu lingkungan tidak hanya terkait soal ikan, hutan, banjir, tetapi media dapat menggali lebih dalam tentang problem lingkungan khususnya di Sultra yang semakin kompleks saat ini,”kata Oktovianus salah satu jurnalis dalam kegiatan FGD.

Ada banyak isu lingkungan dengan pengelolaan lingkungan yang keberlanjutan misalnya, tentang inisiatif yang dilakukan komunitas atau masyarakat tentang hutan keberlanjutan yang kini tengah dilakukan dibeberapa daerah.

Selain kelompok jurnalis, harapan yang sama juga muncul dari para akademisi akan komitmen kuat dari para pekerja dan pemilik media massa untuk mengangkat isu-isu lingkungan yang spesifik. Berita lingkungan, saat ini dinilai para jurnalis masih sangat minim. Belum kuatnya kapasitas wartawan  menulis berita lingkungan serta  kebijakan redaksi yang kurang memberikan ruang pada isu-isu lingkungan  menjadi problem utama dari terpinggirkannya lingkungan dari pemberitaan.

Ini dapat dilihat dari hasil monitoring pemberitaan lingkungan di media massa lokal Sultra, dimana  rata-rata penyajian berita lingkungan secara berkala dan kurang intens. AJI Kendari melansir medis seperti Kendari Pos, Rakyat Sultra dan ANTARA dalam sebulan hanya dapat menyajikan berita lingkungan antara 5 sampai 15 berita setiap bulannya dengan ragam tema berita. YS

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Terkait Berita Rekening Gendut, HP Jurnalis Tempo Dirampas Sopir Gubernur Sultra | terkini.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Lingkungan

To Top