Agar Hemat Jamaah Calon Haji Pilih Naik Kapal Laut

SUARAKENDARI.COM-Tak semua jamaah calon haji memilih menggunakan pesawat menuju asrama haji sudiang makassar. Sebagain dari jamaah calon haji justeru memilih menggunakan kapal laut. Selain karena murah juga para jamaah dapat lebih kusyu menjalankan ibadah sebelum berangkat ke tanah suci. Inilah yang dilakukan jamaah calon haji asal Kota Baubau dan Kabupaten Buton yang menggunakan kapal pelni via pelabuhan Murhum. Sementara jamaah calon haji asal Kolaka Utara menggunakan kapal cepat via pelabuhan tobaku di Kecamatan Lasusua selanjutnya menuju Siwa dan menggunakan angkutan darat menuju Kota Makassar.

Menurut Syamsul Usman, Kasi Akomodasi, transportasi dan Perlengkapan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, jamaah di tiga wilayah yang memilih meggunakan kapal laut menuju asrama haji merupakan inisiatif dan kemauan sendiri mengingat dana menuju asrama haji di makassar masih biaya sendiri. “Mungkin agar dapat berhemat,”ujarnya.

Total jamaah calon haji yang menggunakan kapal pelni sebanyak 207 orang, sedangkan menggunakan kapal kapal cepat di kolaka utara sebanyak 191 orang jamaah yang berada di klorter 20. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *